Kinerja guru dalam penggunaan media pembelajaran di rintisan sekolah menengah atas bertaraf Internasional 1 Kediri / Rista Purnamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kinerja guru dalam penggunaan media pembelajaran di rintisan sekolah menengah atas bertaraf Internasional 1 Kediri / Rista Purnamasari

Purnamasari, Rista (2012) Kinerja guru dalam penggunaan media pembelajaran di rintisan sekolah menengah atas bertaraf Internasional 1 Kediri / Rista Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kinerja guru media pembelajaran penggunaan media pembelajran rintisan sekolah bertaraf internasional masalah penggunaan media upaya penyelesaian. Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) merupakan rintisan satuan pendidikan yang diselenggarakan dengan menggunakan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan diperkaya dengan standar salah satu negara anggota Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) dan / atau Negara maju lainnya. Sekolah rintisan bertaraf Internasional juga menerapkan pembelajaran berbasis IT dan tentunya menggunakan berbagai macam media pembelajaran berdasarkan hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa guru mengalami kesulitan dalam penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini akan meneliti mengenai Kinerja Guru dalam penggunaan media Pembelajaran meliputi bagaimana guru menggunakan media pembelajaran apa saja yang menjadi masalah dalam penggunaan media pembelajaran dan bagaimana pemecahan masalahnya. Untuk mengetahui hal tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini sendiri dilaksanakan di Rintisan Sekolah Menengah Atas 1 Kediri yang merupakan Sekolah Menengah Atas (SMA) pertama yang merupakan sekolah rintisan bertaraf Internasional dikota Kediri. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan oktober sampai desember 2011. Dari hasil penelitian di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional 1 Kediri ditemukan hasil bahwa semua guru telah menggunakan media. 100% guru telah menggunakan media berupa buku 81 25% guru menggunakan media visual dan 68 75% menggunakan media audio dan beberapa media lain seperti media audio visual model dan lain sebagainya namun 37% guru mengalami beberapa kesulitan kesulitan yang muncul seperti keterbatasan media yang ada sehingga ketika guru ingin memanfaatkan media pilihannyapun terbatas dan media yang ingin digunakan tidak ada keterbatasan media tersebut diakibatkan masalah biaya pengadaan media hal lainnya dikarenakan kesulitan dalam menentukan media yang sesuai dengan pelajaran yang diajarkan hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan mengenai prinsip-prinsip penggunaan dan pemanfaatan media. Sedangkan dalam menggunakan media dalam kegiatan pembelajaran kesulitan yang sering ditemui guru diantaranya kesulitan menentukan alokasi waktu dalam penggunaan media kesulitan karena kurangnya kemampuan dalam mengoperasikan media terutama media berbasis IT. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru meningkatkan pemahaman mengenai prinsip-prinsip penggunaan media meningkatkan kemampuan dalam menggunakan media berbasis IT. Peningkatkan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengikuti kegiatan konsultasi langsung dengan narasumber yang ahli dalam pelaksanaan pembelajaran di RSBI mengikuti kegiatan konsultasi langsung dengan narasumber yang ahli dalam pemanfaatan media pembelajaran memanfaatkan internet sebagai sumber informasi dan juga mengikuti pelatihan penggunaan media berbasis IT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item View Item