Hubungan pelayanan widyaiswara dengan penyelenggaraan pelatihan di upt pelatihan koperasi dan ukm provinsi jawa timur / Ahmad Shobirin - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pelayanan widyaiswara dengan penyelenggaraan pelatihan di upt pelatihan koperasi dan ukm provinsi jawa timur / Ahmad Shobirin

Shobirin, Ahmad Shobirin (2022) Hubungan pelayanan widyaiswara dengan penyelenggaraan pelatihan di upt pelatihan koperasi dan ukm provinsi jawa timur / Ahmad Shobirin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu aspek penting dari kegiatan pelatihan adalah kualitas widyaiswara. Widyaiswara sebagai fasilitator kegiatan pelatihan dapat dinilai kualitasnya dilihat dari seberapa baik pelayanan yang dilakukan pada saat pelatihan. UPT Pelatihan Koperasi amp UKM Provinsi Jawa Timur sebagai lembaga penyelenggara pelatihan diketahui memiliki widyaiswara yang berkualitas. Kualitas pelayanan widyaiswara dapat dilihat dari beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui kualitas pelayanan widyaiswara pada kegiatan pelatihan di UPT Pelatihan Koperasi amp UKM Provinsi Jawa Timur. (2) Untuk mengetahui kualitas penyelenggaraan pelatihan di UPT Pelatihan Koperasi amp UKM Provinsi Jawa Timur. (3) Untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan widyaiswara terhadap kualitas penyelenggaraan pelatihan pada kegiatan pelatihan di UPT Pelatihan Koperasi amp UKM Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini mempergunakan rancangan penelitian kuantitatif dan mempergunakan analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta pelatihan bagi UMKM/ Koperasi/ Kelompok Strategis pada tanggal 02 ndash 04 Desember 2021 dengan jumlah 30 peserta pelatihan. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampling yakni seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan metode pokok kuesioner dan metode pendukung dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kualitas pelayanan widyaiswara dapat dilihat dari beberapa faktor atau dimensi. Adapun dimensi tersebut adalah bukti fisik (tangibels) (89 6%) keandalan (reliability) (86%) daya tanggap (responsiveness) (87 17%) jaminan (assurance) (88 17%) dan empati (empathy) (88 67%). Sementara itu dilihat dari kualitas penyelenggaraan pelatihan terdapat tiga dimensi yaitu sasaran dan perencanaan sistem (89 5%) ketepatan sistem (91 3%) dan materi pelatihan (92 2%). Dari penelitian tersebut didapat bahwa kedua variabel berhubungan secara signifikan dengan bentuk hubungan positif. Penulis menyarankan kepada peserta pelatihan dan lembaga untuk dapat mempertahankan komunikasi dan hubungan kerja sama yang baik agar pelatihan yang diikuti dapat membuahkan hasil. Disarankan kepada lembaga untuk dapat berkreasi menambah metode pelatihan. Kepada peneliti selanjutnya agar memperdalam penelitian mengenai pengaruh pelayanan widyaiswara terhadap pelatihan yang diselenggarakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:29
Last Modified: 23 Dec 2022 01:32
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265985

Actions (login required)

View Item View Item