Kontribusi kemampuan literasi media sosial terhadap tingkat kepercayaan masyarakat pada vaksin covid-19 / Dena Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi kemampuan literasi media sosial terhadap tingkat kepercayaan masyarakat pada vaksin covid-19 / Dena Fitriana

Fitriana, Dena (2022) Kontribusi kemampuan literasi media sosial terhadap tingkat kepercayaan masyarakat pada vaksin covid-19 / Dena Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi media sosial yakni kemampuan olah media sosial dalam menganalisis mengakses mengevaluasi maupun berkabar melalui pesan. Dengan memiliki kemampuan literasi media sosial maka terdapat manfaat yang dapat menguntungkan bagi setiap individu diantaranya yaitu selalu memperoleh informasi terkini terhindar dari berita hoax selalu berhubungan sosial dengan orang lain membuat keputusan yang lebih baik dapat berpengaruh bagi orang lain ikut menjadi agen perubahan dan masih banyak lagi. Seiring perkembangan zaman yang diikuti oleh jejak perkembangan teknologi maka tidak dapat dipungkiri bahwa seluruh kegiatan atau program melibatkan literasi media sosial seperti pada program terus digaungkan oleh pemerintah hingga kini yaitu vaksinasi covid-19. Dimana program vaksinasi ini dilakukan untuk mengurangi dampak virus yang meresahkan seluruh dunia yakni covid-19 dimulai dari awal tahun 2020 sampai saat ini. Penelitian ini bertujuan guna a) mendeskripsikan kemampuan literasi media sosial b) mendeskripsikan tingkat kepercayaan masyarakat pada vaksin covid-19 c) mengetahui ada tidaknya kontribusi kemampuan literasi media sosial terhadap tingkat kepercayaan masyarakat pada vaksin covid-19. Untuk dapat mencapai tujuan pada poin (a) dan (b) peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik persentase. Sedangkan untuk poin (c) peneliti menggunakan metode korelasional dengan data diperoleh melalui media kuesioner untuk dianalisis dengan teknik rank spearman karena kedua data pada dua variabel penelitian berskala ordinal. Penelitian dilaksanakan di Desa Senggreng Kabupaten Malang dengan sampel berjumlah 100 responden. Purposive Sampling merupakan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan a) masyarakat Desa Senggreng termasuk kategori baik dalam kemampuan literasi media sosial b) tingkat kepercayaan masyarakat Desa Senggreng pada vaksin covid-19 tergolong baik dan c) antara kemampuan literasi media sosial dengan tingkat kepercayaan masyarakat pada vaksin covid-19 mempunyai hubungan yang signifikan. Dengan demikian maka kemampuan literasi media sosial pada vaksin Covid-19 yang berhubungan pada tingkat kepercayaan masyarakat perlu dipertahankan karena literasi media sosial tidak akan lepas dari seluruh kegiatan sehari-hari dalam lingkungan bermasyarakat dengan terus meningkatkan pengetahuan literasi media sosial dapat memberi kemudahan dalam mengambil sebuah keputusan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265979

Actions (login required)

View Item View Item