Peran orang tua (single parent) dalam membentuk kemandirian pada anak usia dini / Cheryla Ghisca Savaleta - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran orang tua (single parent) dalam membentuk kemandirian pada anak usia dini / Cheryla Ghisca Savaleta

Savaleta, Cheryla Ghisca (2022) Peran orang tua (single parent) dalam membentuk kemandirian pada anak usia dini / Cheryla Ghisca Savaleta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peran ibu merupakan peran yang sangatlah besar didalam keluarga salah satunya yaitu terkait pendidikan dan pembentukan watak sikap mandiri pada anak. Ibu yang menjadi ibu tunggal akibat perceraian atau kematian memiliki peran penting bagi kehidupan anak. Karena ia juga memegang peran sebagai pengganti ayah yang tidak hadir dalam keluarga. Watak dan perilaku anak dipengaruhi oleh tidak adanya peran orang tua tunggal. Studi ini menrapkan pendekatan kualitatif untuk studi kasus termasuk observasi wawancara dan dokumentasi sebagai alat pengumpul informasi. Tiga informan digunakan pada penelitian ini yang semuanya adalah single parent yang kehilangan suami mereka. Teknik analisis Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data pengurangan data penyajian data dan penarikan kesimpulan digunakan untuk menganalisis data pada studi ini. Hasil dari studi ini menjelaskan bahwa (A) terdapat dua peran ibu single parent untuk meningkatkan kemandirian anak yaitu peran domestik dan peran publik antara lain 1. Peran domestik (a) sebagai pendidik dalam hal pengembangan sikap dan pembiasaan anak (b) sebagai pengasuh dalam menyiapkan segala macam hal tentang anak (c) sebagai pemimpin dalam keluarga. 2. Peran publik (a) sebagai pemenuh kebutuhan pendapatan keluarga (b) sebagai pelindung dengan melakukan pengawasab anak di luar rumah. (B) elemen-elemen yang dapat menghambat yakni (1) ibu single parent tidak mudah mengatur waktu antara mengasuh anak dan bekerja (2) ibu single parent belum mampu mengkontrol anak ketika sedang berada di luar rumah karena diharuskan bekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 07:38
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265978

Actions (login required)

View Item View Item