Pengelolaan pembelajaran pada pelatihan pengelola pusat pelatihan pertanian dan perdesaan swadaya di Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan / Indah Berlian Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan pembelajaran pada pelatihan pengelola pusat pelatihan pertanian dan perdesaan swadaya di Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan / Indah Berlian Rahmawati

Rahmawati, Indah Berlian (2022) Pengelolaan pembelajaran pada pelatihan pengelola pusat pelatihan pertanian dan perdesaan swadaya di Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan / Indah Berlian Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengelolaan pembelajaran merupakan serangkaian proses pendidikan dan pelatihan yang dikelola melalui beberapa prosedur kegiatan yaitu perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan dengan memanfaatkan sumber daya manusia informasi dan sistem yang berlaku. Kegiatan pengelolaan pembelajaran menerapkan fungsi-fungsi pengelolaan yang diaplikasikan dalam suatu pembelajaran untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengelolaan pembelajaran pada pelatihan pengelolaan pusat pelatihan pertanian dan perdesaan swadaya (P4S) di balai besar pelatihan pertanian (BBPP) Ketindan yang ditinjau dari aspek perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga informan yang merupakan pengelola pelatihan yaitu perencana pendidikan dan pelatihan (diklat) penyelenggara diklat dan evaluasi diklat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan studi dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif Miles dan Hubberman. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi. Pengelolaan pembelajaran pada pelatihan pengelola P4S meliputi (a) proses perencanaan pelatihan disusun oleh seksi program dan kerja sama yang diawali dengan kegiatan identifikasi kebutuhan pelatihan di lapangan penyusunan judul pelatihan kemudian penentuan sasaran pelatihan dan penganggaran biaya pelatihan sesuai dengan rencana kegiatan yang disusun (b) pelaksanaan kegiatan pelatihan dilaksanakan secara online dengan memanfaatkan learning management system (LMS) melalui situs e-learning BBPP Ketindan proses pelaksanaan pelatihan dikelola oleh seksi penyelenggaraan pelatihan non-aparatur dan (c) kegiatan evaluasi mencakup kegiatan evaluasi awal atau pre-test yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta sebelum mengikuti kegiatan pelatihan dan evaluasi akhir atau post-test yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan pengetahuan peserta pelatihan sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan pelatihan. Disarankan penanggung jawab pelatihan agar mempertahankan dan meningkatkan pengelolaan strategi pembelajaran dengan metode e-learning mulai dari kegiatan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265977

Actions (login required)

View Item View Item