Upaya instruktur dalam memberdayakan peserta didik melalui pelatihan tata rias pengantin di IKP Andini Kabupaten Jombang / Rifqy Faizafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya instruktur dalam memberdayakan peserta didik melalui pelatihan tata rias pengantin di IKP Andini Kabupaten Jombang / Rifqy Faizafi

Faizafi, Rifqy (2022) Upaya instruktur dalam memberdayakan peserta didik melalui pelatihan tata rias pengantin di IKP Andini Kabupaten Jombang / Rifqy Faizafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dengan seiring berkembangnya zaman kebutuhan manusia menjadi semakin kompleks termasuk kebutuhan akan pendidikan di berbagai sektor ilmu pengetahuan. Pendidikan merupakan hak fundamental bagi setiap orang Indonesia sekaligus sebagai salah satu penggerak utama pertumbuhan dan perkembangan negara sebagai negara maju. Jauh sebelum sistem pendidikan formal didirikan pendidikan nonformal telah hidup berdampingan di setiap peradaban. Pendidikan nonformal bermula dari konsep pendidikan sepanjang hayat yang mengakui bahwa pendidikan diperlukan pada semua jenjang. Fokus pendidikan nonformal adalah mengembangkan keahlian dan kemampuan di bidang tertentu. Berbagai kursus dan pelatihan telah muncul di masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup modern yang tidak dapat dipenuhi hanya melalui sekolah formal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut tentang upaya instruktur saat memberdayakan peserta didiknya melalui pelatihan tata rias pengantin faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami selama proses pemberdayaan hasil yang diperoleh dari pemberdayaan melalui pelatihan tata rias pengantin. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif deskriptif dan untuk pengumpulan data peneliti mengguanakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan tentang upaya yang dilakukan instruktur dalam pemberdayaan peserta didik yang dilakukan melalui pelatihan tata rias yaitu dengan menggunakan pendekatan menunjukkan adanya masalah membantu pemecahan masalah menunjukkan pemecahan masalah menunjukkan pentingnya perubahan melakukan pengujian dan demontrasi pendampingan serta melaksanakan pemberdayaan. Faktor pendukung dalam proses pemberdayaan yakni adanya kerja sama yang baik antara instruktur dengan peserta didik serta adanya fasilitas yang lengkap guna untuk menunjang keberhasilan dari pelaksanaan pemberdayaan. Faktor penghambat dari proses pemberdayaan ini yaitu tidak adanya model dari peserta didik untuk dijadikan objek dalam metode praktek. Untuk hasil yang dari pemberdayaan ini yaitu mereka mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang tata rias dan juga mampu mendirikan usaha mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265962

Actions (login required)

View Item View Item