Proses pengorganisasian peran pemuda dalam revitalisasi kelembagaan karang taruna / Masyhudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pengorganisasian peran pemuda dalam revitalisasi kelembagaan karang taruna / Masyhudi

Masyhudi (2022) Proses pengorganisasian peran pemuda dalam revitalisasi kelembagaan karang taruna / Masyhudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemuda merupakan sosok penting dalam kehidupan bermasyarakat. Untuk itu perlu lembaga yang menaungi pemuda agar pemuda dapat mengembangkan potensinya. Salah satu lembaga yang dapat menaungi pemuda adalah Karang Taruna Pelangi Desa Gubuk Klakah . Revitalisasi yang dilakukan oleh pemuda desa agar pemuda desa memiliki lembaga struktural yang dalam pelaksanaannya pemuda dapat mengembangkan potensi diri dan mampu untuk berkegiatan dalam lingkup sosial terhadap masyarakat desa setempat. Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengorganisasian pemuda dalam revitaslisasi Kelembagaan Karang Taruna. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian berada di Desa Gubuk Klakah Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Informan dalam penelitian ini merupakan Sekretaris desa dan juga ketua Karang Taruna. Teknik pengumpulan data yang digunnakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Proses pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengantriangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Karang Taruna sudah berdiri sejak sekitar tahun 2006 dan aktif berkegiatan kurang lebih selema empat tahun. Namun pada 2010 para pemuda desa perlahan mulai meninggalkan kegiatan Karang Taruna. dalam rentang waktu kurang lebih Sembilan tahun antara tahun 2010-2019 karang Taruna nyaris tidak berkegiatan sama sekali. Namun pada tahun 2019 pemuda desa kembali menginisiasi untuk me-revitalisasi Kelembagaan Karang Taruna agar dapat menjadi tempat bernaung para pemuda desa setempat dengan mengumpulkan para pemuda desa dan para perangkat desa untuk membentuk kembali struktur kepengurusan Karang Taruna. Saran bagi Karang Taruna yaitu untuk tetap menjaga keanggotaan Karang Taruna dan memiliki program kerja yang inovatif para pemuda desa dapat mengembangkan potensi diri secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265960

Actions (login required)

View Item View Item