Pelaksanaan program pelatihan barista dalam meningkatkan keterampilan peserta di UPT BLK Wonojati Malang / Retno Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan program pelatihan barista dalam meningkatkan keterampilan peserta di UPT BLK Wonojati Malang / Retno Sari

Sari, Retno (2022) Pelaksanaan program pelatihan barista dalam meningkatkan keterampilan peserta di UPT BLK Wonojati Malang / Retno Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Retno. Pelaksanaan Program Pelatihan Barista dalam Meningkatkan Keterampilan Peserta di UPT BLK Wonojati Malang. Skripsi Departemen Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lasi Purwinto M.S. (2) Edi Widianto S.Pd M.Pd. Balai latihan kerja merupakan salah satu satuan pendidikan nonformal yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dengan adanya persaingan yang sangat ketat untuk memasuki dunia kerja membutuhkan perhatian yang sangat besar untuk para pencari kerja. Serta ketidakseimbangan antara tenaga kerja dengan lapangan pekerjaan yang tersedia merupakan suatu masalah yang perlu dipecahkan dan mencari solusinya. UPT BLK Wonojati Malang merupakan salah satu lembaga yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Para pencari kerja nantinya akan dilatih keterampilan supaya mereka dapat bersaing di dunia kerja. UPT BLK Wonojati Malang terletak di JL. Raya Mondoroko No. 1 Singosari Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pelaksanaan program pelatihan yang dilaksanakan di UPT BLK Wonojati Malang. Kedua yaitu untuk mengetahui tentang kendala dalam pelaksanaan tersebut dan dicari bagaimana cara lembaga mengatasi kendala tersebut. Untuk menggali hal tersebut peneliti melakukan penelitian terhadap instruktur pelatihan barista dan peserta pelatihan barista. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah instruktur pelatihan barista dan peserta pelatihan barista. Pada saat pengumpulan data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara observasi dokumentasi dan angket sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah persentase. Hasil yang diproleh dalam penelitian ini yang pertama mengenai pelaksanaan program pelatihan barista. Pelaksanaan pelatihan barista sudah terlaksana sesuai dengan visi misi yang telah ditetapkan oleh lembaga. Materi yang disampaikan sudah sesuai dengan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia). Instruktur dalam menyampaikan materi menggunakan metode yang sesuai dan mudah dipahami oleh peserta. Hambatan dalam pelaksanaan pelatihan pasti ada tetapi lembaga dapat cepat mengatasi hambatan tersebut seingga pelatihan dapat terus berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2023 02:55
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265957

Actions (login required)

View Item View Item