Analisis pengelolaan program parenting education di TK star kids Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Amelia Zainur Rosyidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengelolaan program parenting education di TK star kids Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Amelia Zainur Rosyidah

Rosyidah, Amelia Zainur (2022) Analisis pengelolaan program parenting education di TK star kids Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Amelia Zainur Rosyidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosyidah Amelia Zainur. 2022. Analisis Pengelolaan Program Parenting Education di TK Star Kids Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty S.Pd M.Pd. (II) Rezka Arina Rahma S.Pd M.Pd Kata Kunci Analisis pengelolaan program parenting education TK Star Kids Penelitian ini dilatar belakangi pada kenyataan bahwa keluarga merupakan pembentuk pribadi anak karena waktu yang dihabiskan anak paling banyak di rumah. Oleh karena itu pengelola TK Star Kids mengupayakan dalam pengembangan kompetensi orangtua untuk mengelola sebuah kegiatan yang menarik dan mudah dalam kaitannya dengan proses tumbuh kembang anak yang disebut dengan program parenting. Fokus dalam penelitian ini adalah Mendeskripsikan pengelolaan program parenting education yang dilaksanakan di TK Star Kids Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data dan kesimpulan sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Subjek penelitian dalam penelitian ini meliputi pengelola pendidik dan orang tua peserta didik di TK Star Kids. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program parenting dimulai dari tahap perencanaan oleh pihak lembaga dari pengelola pendidik orang tua peserta didik di TK Star Kids dengan proses identifikasi kebutuhan pelaksanaan acara dimulai dari awal hingga akhir sesuai dengan susunan acara metode yang digunakan menggunakan metode ceramah tanya jawab dan demonstrasi evaluasi diadakan setelah dilaksanakannya program parenting hal yang dievaluasi meliputi keseluruhan acara. Evaluasi ini dilakukan dengan dua cara yakni secara eksternal dan internal. Secara eksternal dilaksanakan setelah acara parenting tersebut selesai dengan media angket sedangkan internal dilaksnakan dengan diadakannya sebuah rapat antara pengelola parenting pendidik koordinator setiap wakil kelas atau wakil orangtua. Saran dalam penelitian ini untuk pendidik dan pengelola kegiatan parenting agar memaksimalkan kegiatan parenting yang hendak dicapai dengan memenuhi kebutuhan anak dan orang tua serta Bagi orang tua yang telah mengikuti kegiatan parenting agar mengaplikasikan secara optimal dari hasil kegiatan yang telah diikuti dalam kehidupan sehari-hari terutama penerapan pola asuh yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265953

Actions (login required)

View Item View Item