Kontribusi peran instruktur dan motivasi belajar terhadap peningkatan kinerja peserta didik pada lembaga kursus dan pelatihan (LKP) menjahit di Kecamatan laren Kabupaten Lamongan / Fella Fereninta Arfi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi peran instruktur dan motivasi belajar terhadap peningkatan kinerja peserta didik pada lembaga kursus dan pelatihan (LKP) menjahit di Kecamatan laren Kabupaten Lamongan / Fella Fereninta Arfi

Arfi, Fella Fereninta (2022) Kontribusi peran instruktur dan motivasi belajar terhadap peningkatan kinerja peserta didik pada lembaga kursus dan pelatihan (LKP) menjahit di Kecamatan laren Kabupaten Lamongan / Fella Fereninta Arfi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lembaga pelatihan adalah wadah bagi seseorang yang dapat memberikan banyak ilmu dan manfaat untuk berlangsungnya hidup. Lembaga pelatihan sangat dibutuhkan oleh masyarakat pada saat ini guna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidupnya sesuai jenis keterampilan yang diminati oleh seseorang yang berguna untuk kehidupan di masa depan salah satunya adalah Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). Faktor yang berkontribusi pada kinerja peserta didik pelatihan ialah peran instruktur dan motivasi belajar. Dalam pembelajaran terjadinya timbal balik antara pendidik dan peserta didik. Maka peran instruktur dan motivasi belajar menjadi peranan penting dalam pencapaian kinerja peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu agar mengetahui kontribusi peran instruktur dan motivasi belajar terhadap kinerja peserta didik pada lembaga Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Menjahit di Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Variabel pada penelitian ini yaitu peran instruktur (X1) motivasi belajar (X2) dan hasil belajar (Y). Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan sampling jenuh dikarenakan peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 40 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda bantuan Ms. Excel dan SPSS 25.0. Hasil penelitian adalah (1) variabel peran instruktur (X1) dengan jumlah nilai signifikan 0.006 dalam tabel Coefficientsa dengan nilai derajat signifikan 0.05 maka 0.006kontribusi signifikan dari peran instruktur atas kinerja (2) motivasi belajar (X2) dengan nilai signifikan 0.000 dalam tabel Coefficientsa dengan nilai derajat signifikan 0.05 maka 0.000 lt 0 05 atau adanya pengaruh signifikan dari motivasi belajar atas kinerja (3) adanya pengaruh signifikan sebesar 000b lt 0.05 antara peran instruktur dan motivasi belajar atas kinerja peserta didik. Dari hasil penelitian maka sarannya adalah instruktur diharapkan untuk terus mengetahui peranan penting bagi seorang instruktur dan tidak lupa juga untuk terus memberikan motivasi belajar bagi peserta didik peserta didik juga harus selalu meingkatkan motivasi belajar untuk menghasilkan kinerja yang terus meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265950

Actions (login required)

View Item View Item