Hubungan pembelajaran daring di era pandemi covid 19 terhadap keaktifan peserta didik program pendidikan kesetaraan paket c di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) se-Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur / Fikri Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pembelajaran daring di era pandemi covid 19 terhadap keaktifan peserta didik program pendidikan kesetaraan paket c di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) se-Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur / Fikri Firdaus

Firdaus, Fikri (2022) Hubungan pembelajaran daring di era pandemi covid 19 terhadap keaktifan peserta didik program pendidikan kesetaraan paket c di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) se-Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur / Fikri Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Daring adalah Pembelajaran dalam jaringan atau yang dikenal dengan pembelajaran daring merupakan proses belajar yang di lakuan tanpa tatap muka dan bisa dimanapun berada dengan menggunakan sambungan internet pembelajaran daring menggunakan berbagai aplikasi untuk mendukung proses pembelajaran tersebut yaitu aplikasi yang sangat terkenal diindonesia adalah salah satu aplikasi Zoom aplikas Zoom ini mampu menampung lebih dari seratus User lebih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahi proses pembelajaran daring keaktifan warga belajar dan hubungan pembelajaran daring terhadap keaktifan warga belajar. Penelitian dilakukan di enam lembaga PKBM yaitu PKBM Mentari PKBM Setia Mandiri PKBM Sultan Agung PKBM Sumber Makmur PKBM L-Rose Intensive Course (LC) dengan jumlah populasi 202 orang warga belajar program pendidikan kesetaraan Paket C. pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan sebanyak 120 orang warga belajar. Penelitian di lakukan pada masa pandemic Covid 19. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan 18 item pernyataan didalamnya. Analisis data menggunakan rumus Rank Spearmen dengan bantuan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa (a) proses pembelajaran daring keseluruhan yang di peroleh adalah 5132 dengan pesentase 85 53% di kategorikan sangat sesuai (b) tingkat keaktifan warga belajar sekor keseluruhan yang di peroleh adalah 4028 dengan pesentase 83 91% di kategorikan sangat sesuai dan (c) terdapat hubungan signifikan antara pembelajaran daring dan keaktifan belajar warga belajar pada program Paket C. Berdasarkan pememjuan penelitian tersebut disarankan kepada pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) agar bisa lebih memaksimalkan dalam proses pembelajaran daring terhafap keaktifan warga belajar program pendidikan kesetaran paket C di saranakan kepada peserta didik program kesetaraan Paket C agar lebih berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran baik belajar Daring ataupun Online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265947

Actions (login required)

View Item View Item