Pengaruh aplikasi setara daring terhadap motivasi belajar peserta didik program kesetaraan paket c di SPNF SKB Kota Malang / Siti Aisyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh aplikasi setara daring terhadap motivasi belajar peserta didik program kesetaraan paket c di SPNF SKB Kota Malang / Siti Aisyah

Aisyah, Siti (2022) Pengaruh aplikasi setara daring terhadap motivasi belajar peserta didik program kesetaraan paket c di SPNF SKB Kota Malang / Siti Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SPNF SKB Kota Malang merupakan satuan pendidikan nonformal yang terdapat program pendidikan kesetaraan salah satunya adalah Paket C. Proses pembelajaran yang ada di program kesetaraan Paket C memanfaatkan media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran yaitu aplikasi seTARA daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik program kesetaraan Paket C mendeskripsikan aplikasi seTARA daring peserta didik program kesetaraan Paket C serta menganalisis pengaruh aplikasi seTARA daring terhadap motivasi belajar peserta didik Paket C di SPNF SKB Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Paket C di SPNF SKB Kota Malang yang berjumlah 88 orang. Penentuan jumlah sampel dengan cara proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan instrumen berupa kuesioner yang berisi pernyataan dan teknik dokumentasi. Uji coba instrumen dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana menggunakan program SPSS 26.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan aplikasi seTARA daring terhadap motivasi belajar peserta didik Paket C yakni sebesar 50 9%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kualitas fitur (konten) pada aplikasi seTARA daring maka semakin meningkat pula motivasi belajar peserta didik program kesetaraan Paket C di SPNF SKB Kota Malang. Saran untuk peneliti selanjutnya ialah dapat mengkaji mengenaii pembaharuan-pembaharuan dalam pendidikan khususnya pada pendidikan nonformal agar pembelajaran yang dilakukan memberikan gairah untuk terus belajar bagi peserta didik. Faktor-faktor lain sebesar 40 1% yang berpengaruh terhadap motivasi belajar yang tidak dikaji dalam penelitian ini bisa menjadi pertimbangan untuk dijadikan analisis dalam penelitian berikutnya agar dapat diteliti pada penelitian lanjutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265945

Actions (login required)

View Item View Item