Pengaruh peran orang tua terhadap remaja sebagai upaya pencegahan cyberbullying di Kota Malang / Gesina Marthasatila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh peran orang tua terhadap remaja sebagai upaya pencegahan cyberbullying di Kota Malang / Gesina Marthasatila

Marthasatila, Gesina (2022) Pengaruh peran orang tua terhadap remaja sebagai upaya pencegahan cyberbullying di Kota Malang / Gesina Marthasatila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cyberbullying merupakan perilaku perundungan (bullying) yang terjadi melalui media teknologi digital atau dunia maya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku bullying di dunia nyata maupun di dunia maya. Dampak dari cyberbullying secara psikologis dapat lebih buruk daripada bullying di dunia nyata. Sebab cyberbullying jangkauannya lebih mudah meluas dan dapat meinggalkan jejak digital. Pada masa ini kegiatan menggunakan media digital pasti tidak lepas dari kegiatan sehari-hari. Seharusnya kemajuan teknologi dapat menjadi sarana untuk mengembangkan potensi dalam diri. Namun masih banyak kalangan yang belum bisa mengontrol diri yang menggunakan media teknologi tersebut dengan bijak terutama kalangan anak-anak hingga remaja yang masih belum mengerti akan aturan berkehidupan sosial di dunia nyata maupun dunia maya. Maka peran orang tua untuk mencegah adanya perilaku cyberbullying memiliki peranan yang penting bagi anak dan remaja yang masih membutuhkan pemahaman dan arahan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap remaja sebagai upaya pencegahan cyberbullying di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rencana penelitian regresi sederhana. Variabel pada penelitian ini terdiri dari peran orang tua (X) dan cyberbullying (Y). Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling karena peneliti memberikan kriteria hanya remaja berusia 10 - 24 tahun yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana dengan Ms. Excel dan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) terdapat hubungan signifikan anatar peran orang tua dengan upaya pencegahan cyberbullying remaja. b) terdapat hubungan signifikan antara pemahaman cyberbullying remaja dengan pencegahan aksi cyberbullying terhadap remaja. Untuk mencegah maraknya cyberbullying terhadap remaja maka perlu pendidikan keluarga dan pemahaman cyberbullying pada remaja di Kota Malang. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu orang tua diharapkan lebih memahami peranannya sebagai orang tua bagi remaja terutama dalam hal pemberian pendidikan bimbingan pendampingan dan arahan yang benar agar remaja dapat melewati proses belajar yang baik menuju kedewasaan dalam kehidupan sosialnya di dunia nyata maupun dunia maya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265937

Actions (login required)

View Item View Item