Self efficacy orang tua memilih pendidikan bilingual pada anak (studi kasus KB/TK The Naff School Kediri) / Wifayatul Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Self efficacy orang tua memilih pendidikan bilingual pada anak (studi kasus KB/TK The Naff School Kediri) / Wifayatul Hidayah

Hidayah, Wifayatul (2022) Self efficacy orang tua memilih pendidikan bilingual pada anak (studi kasus KB/TK The Naff School Kediri) / Wifayatul Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pentingnya kecakapan bahasa Inggris sebagai second language membentuk kesadaran orang tua dalam membiasakan bilingual pada anak. Pembiasaan bilingual memerluan dukungan pendidikan dengan program bilingual yang dipilih orang tua berdasarkan self efficacy yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis self efficacy orang tua terhadap kemampuan bilingual anak dengan self efficacy orang tua memilih KB/TK The Naff School Kediri sebagai tempat pendidikan bilingual anak dan upaya orang tua mendukung belajar bilingual anak. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan jenis kualitatif pendekatan studi kasus. Data penelitian diperoleh menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi dari sumber data kepala sekolah dan orang tua/ wali murid KB/TK The Naff School Kediri. Data yang diperoleh dianalisis mengggunakan analisis deskriptif. Hasil temuan menunjukkan self efficacy orang tua terhadap kecakapan bilingual anak dilakukan dengan membiasakan mendegarkan bahasa sejak dini berkomunikasi bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dan memberikan contoh aktivitas kehidupan dengan memiliki kecakapan bahasa Inggris. Self efficacy orang tua memilih KB/TK The Naff School Kediri ditunjukkan dengan kemampuan orang tua dalam membekali pendidikan agama secara bilingual membentuk perkembangan karakter anak program bilingual foundation class menyediakan kenyamanan lingkungan dan fasilitas belajar mampu membiayai sekolah anak dan mengantar anak menuju ke sekolah untuk mendapat pembelajaran bilingual. Upaya orang tua mendukung belajar bilingual anak dengan kemampuan orang tua mengenalkan sekolah kepada anak mendampingi belajar bilingual di rumah memfasilitasi belajar bilingual memahami emosional anak belajar bilingual dan ikut serta dalam aktivitas belajar bilingual di sekolah. Saran Sekolah dengan program bilingual pada anak usia dini dapat memberikan edukasi kepada orang tua terkait program parenting untuk perkembangan anak bilingual dan edukasi terkait pengarahan pemilihan jenjang pendidikan untuk mendukung kecakapan bilingual anak. Orang tua sebagai pendidik di rumah dalam pembiasaan bilingual lebih baik dapat dilakukan dengan kerjasama antara ayah dan ibu untuk saling memahami pemahaman anak dalam penggunaan bahasa Inggris meskipun dalam pemilihan sekolah dan penyediaan fasilitas belajar telah dilakukan bersama oleh ayah dan ibu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265932

Actions (login required)

View Item View Item