Kafe sebagai ruang belajar informal (studi kasus di coffee shop Gresik seru, Gresik) / Adinda Amalia Fahmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kafe sebagai ruang belajar informal (studi kasus di coffee shop Gresik seru, Gresik) / Adinda Amalia Fahmi

Fahmi, Adinda Amalia (2022) Kafe sebagai ruang belajar informal (studi kasus di coffee shop Gresik seru, Gresik) / Adinda Amalia Fahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aktivitas nongkrong merupakan aktifitas yang digemari anak muda akhir-akhir ini dimana aktifitas nongkrong meliputi kegiatan bertukar pikiran bertukar informasi bercerita beropini dan berpendapat. Pada kaitannya dengan kafe bertindak sebagai media ruang publik yang memberikan ruang belajar bagi pembelajaran informal. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses belajar secara informal di coffee shop (2) Untuk mengetahui tanggapan orangtua dalam menyikapi kafe sebagai ruang belajar informal bagi anak muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik wawancara observasi dokumentasi dan tinjauan literatur serta dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data display data dan penrikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kafe merupakan ruang belajar informal yang saat ini sedang marak-maraknya disukai oleh anak muda untuk berbagai aktifitas. Proses belajar informal yang dilakukan oleh anak muda meliputi bentuk pembelajaran yang dilakukan secara self directed learning (SDL) incidental learning dan sosialization. Tanggapan orangtua dalam menyikapi kafe sebagai ruang belajar informal ditanggapi sebagai sesuatu hal yang wajar dan lumrah serta menerima dengan baik hal tersebut serta pada prosesnya orangtua harus memberi bimbingan dan pendampingan agar tidak terjadi penyimpangan sosial yang dilakukan oleh anak muda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265914

Actions (login required)

View Item View Item