Penerapan blanded learning terhadap motivasi belajar siswa PAUD di Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik / R. Novita Eka Nurzulviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan blanded learning terhadap motivasi belajar siswa PAUD di Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik / R. Novita Eka Nurzulviana

Nurzulviana, R. Novita Eka (2022) Penerapan blanded learning terhadap motivasi belajar siswa PAUD di Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik / R. Novita Eka Nurzulviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adanya wabah covid-19 yang melanda dunia terutama Indonesia menyebabkan pemerintah membatasi kegiatan pembelajaran. Dimana yang semula dilakukan secara tatap muka namun adanya wabah tersebut maka dilakukan secara online. Mengingat pentingnya proses pembelajaran maka dibutuhkan solusi dimana dapat meningkatkan proses belajar yaitu dengan cara blanded learning. Blanded learning merupakan kolaborasi antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online. Maka dari itu blanded learning memiliki peran sangat berpengaruh pada kegiatan pembelajaran. Dimana pembelajaran tersebut dapat terlaksana dengan baik jika memiliki motivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan praktek pembelajaran tatap muka dan praktek pembelajaran online mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi saat pembelajaran blanded learning berlangsung dan mengetahui hubungan antara pembelajaran tatap muka dan online terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif deskriptif. Kemudian guna mendalami hubungan variabel satu dengan yang lain menggunakan korelasional sederhana. Data yang diambil diperoleh 68 sampel menggunakan teknik purposive sampling yang dikumpulkan menggunakan kuisioner berupa google form dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil deskriptif yang didapat praktek pembelajaran tatap muka dapat berjalan baik dibuktikan hasil yang didapat berkategori sedang. Selain itu praktek pembelajaran online berjalan baik dibuktikan hasil penelitian didapat berkategori sedang. Selain itu terdapat kesulitan yang dihadapi dari prespektif orang tua salah satunya harus memiliki handphone android. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif serta memiliki kekuatan yang cukup kuat antara pembelajaran blanded learning terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265912

Actions (login required)

View Item View Item