Proses penanaman nilai kemandirian bagi anak usia dini antara sekolah dan orang tua dalam pendidikan keluarga (studi kasus di KB BA Restu 2 Malang) / Alfan Dwiki Candra - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses penanaman nilai kemandirian bagi anak usia dini antara sekolah dan orang tua dalam pendidikan keluarga (studi kasus di KB BA Restu 2 Malang) / Alfan Dwiki Candra

Candra, Alfan Dwiki (2022) Proses penanaman nilai kemandirian bagi anak usia dini antara sekolah dan orang tua dalam pendidikan keluarga (studi kasus di KB BA Restu 2 Malang) / Alfan Dwiki Candra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan anak merupakan proses perubahan perilaku dari tidak matang menjadi matang dari sederhana ke kompleks suatu evolusi manusia dari ketergantungan menjadi makluk dewasa yang mandiri Sikap kemandirian juga sebagai salah satu komponen utama pembentukan social life skill yaitu kemampuan dasar yang baiknya dimiliki agar anak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Proses penanaman nilai kemandirian baiknya dilakukan juga di lembaga pendidikan informal seperti lingkungan keluarga. Tanpa adanya dukungan dari lingkungan keluarga tujuan pendidikan dari lembaga formal tidak akan dapat terealisasikan secara maksmial.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penanaman nilai kemandirian bagi anak usia dini antara sekolah dan orang tua dalam pendidikan keluarga di KB Restu 2 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek penelitian yaitu kepala KB Restu 2 guru dan 2 wali murid dari KB Restu 2 Malang. Teknik pungumpulan data dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data display data dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Temuan peneliti sebagi berikut Bahwa KB Restu 2 Malang mampu mensinergikan antara pihak orang tua dan sekolah dalam proses penanaman nilai kemandirian sehingga hasil pembelajaran yang ada dapat tercapai secara maksimal. Proses penanaman nilai kemandirian yang dilakukan memiliki beberapa tahapan mulai dari tahap pengenalan pelaksanaan hingga evaluasi. Demi menunjang kerjasama antara pihak sekolah dan orang tua dalam menanamkan nilai kemandirian pihak sekolah juga memfasilitasi pendidikan keluarga berupa kelas parenting guna membentuk sebuah tujuan yang sejalan antara orang tua dan juga pihak sekolah.Orang tua atau wali murid di KB Restu 2 harus dapat menjaga komunikasi dengan pihak sekolah sehingga pembelajaran yang diberikan kepada anak sejalan. Untuk pihak sekolah hendaknya pengecekan berkala rutin dilaksanakan untuk anak-anak maupun wali murid. Hal ini dimaksudkan untuk melihat perkembangan dari masing-masing anak. Selain itu juga memastikan orang tua sudah memberikan yang terbaik bagi anak-anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:29
Last Modified: 23 Dec 2022 01:28
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265911

Actions (login required)

View Item View Item