Nugraha, Fikhi Masjida (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran klasifikasi makhluk hidup berbasis discovery-inquiry dengan sumber belajar hewan pantai untuk mengembangkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 1 Lekok / Fikhi Masjida Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nugraha Fikhi Masjida. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup Berbasis Discovery-Inquiry dengan Sumber Belajar Hewan Pantai untuk Mengembangkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 1 Lekok. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ibrohim M.Si (II) Dr. Sueb M. Kes. Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup Discovery-Inquiry Penguasaan Konsep Keterampilan Proses Sains Pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 saat ini menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik dapat diterapkan dengan pembelajaran discovery-inquiry. Selain itu potensi daerah yang mendukung kegiatan pembelajaran akan lebih bermanfaat apabila dijadikan sebagai sumber belajar. Proses pembelajaran dapat berjalan lancar jika perencanaan pembelajaran dibuat lebih dulu sebelum pembelajaran dilakukan. Perencanaan pembelajaran yang baik akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang baik sehingga perlu dikembangkan perangkat pembelajaran berbasis disciovery-inquiry dengan menggunakan sumber belajar keunggulan lokal untuk menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran klasifikasi makhluk hidup dengan menggunakan sumber belajar keanekaragaman hewan Pantai Lekok dan menguji keefektifan perangkat yang disusun dengan dilakukan uji coba di kelas VII-E SMP Negeri 1 Lekok serta meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model 4D Thiagarajan (1974). Data dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor angket validasi skor penguasaan konsep peserta didik dan skor keterampilan proses sains peserta didik selama uji coba. Data kualitatif diperoleh dari saran atau komentar yang diberikan oleh validator. Validator dalam penelitian dan pengembangan terdiri dari validator ahli perangkat validator ahli materi dan validator praktisi lapangan. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan secara umum valid dengan rincian silabus dengan nilai validitas 97 7% RPP memiliki validitas 97 3% LKPD memiliki validitas 95 3% handout memiliki validitas 95 6% dan instrumen penilaian yang dikembangkan memiliki nilai validitas isi dan konstruk yang valid. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat efektivitas 80 17% untuk mengembangkan penguasaan konsep dan 71 33% untuk keterampilan proses sains peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan sudah efektif dan dapat digunakan namun perlu dilakukan perbaikan kecil. Selain itu hasil penilaian keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan nilai 82 6% yang artinya perangkat pembelajaran terpakai dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/26585 |
Actions (login required)
View Item |