Studi keragaman kupu-kupu Pieridae di kawasan wisata Air Terjun Coban Rais Kota Batu / Pintar Tri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi keragaman kupu-kupu Pieridae di kawasan wisata Air Terjun Coban Rais Kota Batu / Pintar Tri Wahyuni

Wahyuni, Pintar Tri (2014) Studi keragaman kupu-kupu Pieridae di kawasan wisata Air Terjun Coban Rais Kota Batu / Pintar Tri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyuni Pintar T. 2014. Studi Keragaman Kupu-kupu Pieridae di Kawasan Wisata Air Terjun Coban Rais Kota Batu. Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sofia Ery Rahayu S.Pd. M.Si. (II) Dr. Fatchur Rohman M.Si. Kata Kunci Keragaman kupu-kupu familia Pieridae. Kupu-kupu merupakan salah satu bagian dari keanekaragaman hayati yang harus dijaga kelestariannya. Kupu-kupu banyak memberikan keuntungan bagi manusia. Kupu-kupu adalah salah satu bioindikator perubahan lingkungan salah satunya dari familia Pieridae. Familia Pieridae terbang secara berkelompok tidak terlalu cepat dan terbang cukup rendah sebagian besar hinggap di tanaman semak. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui jenis kupu-kupu Pieridae di Air Terjun Coban Rais dan tumbuhan yang dihinggapi kupu-kupu Pieridae dewasa serta mengetahui status perlindungannya. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif eksploratif. Pengambilan sampel kupu-kupu dilakukan mulai bulan Februari hingga Maret 2014 yang dilakukan di Kawasan wisata air terjun Coban Rais. Pengambilan kupu-kupu dilakukan dengan metode walking transect. Kupu-kupu ditangkap menggunakan jaring serangga. Kupu-kupu Pieridae yang tertangkap dibuat insektarium dan diidentifikasi berdasarkan ciri-ciri morfologi. Identifikasi dilakukan pada kupu-kupu dan tumbuhan yang dihinggapi kupu-kupu dewasa. Masing-masing jenis dari familia Pieridae disebutkan status perlindungannya berdasarkan buku Precious and Protected Indonesian Butterflies(Peggie 2011). Hasil penelitian menemukan 10 spesies familia Pieridae yang diklasifikasikan menjadi 7 genus meliputi Catopsilia Eurema Appias Cepora Delias Leptosia dan Hebomoia. Spesies yang ditemukan meliputi Catopsilia pomona Eurema simulatrix Eurema blanda Eurema tilaha Cepora iudith Appias pandione Delias belisama Delias hyparete Leptosia nina dan Hebomoia glaucipe. Tidak semua jenis kupu-kupu Pieridae dewasa diketahui hinggap pada suatu tanaman hanya 6 spesies diketahui hinggap pada tanaman. Tanaman yang dihinggapi meliputi Bambusa oldhamii Acmella uliginosa (Sw) Cass Chromolaena laevigata Chrysopogon aciculatus Cassia allata dan Moraceae. Semua jenis kupu-kupu yang ditemukan memiliki status yang tidak dilindungi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26579

Actions (login required)

View Item View Item