Implementasi sistem pendidikan 3 in 1 dalam meningkatkan citra positif di Madrasah Aliyah Ma'arif Udanawu Blitar / Dewi Rahayu</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi sistem pendidikan 3 in 1 dalam meningkatkan citra positif di Madrasah Aliyah Ma'arif Udanawu Blitar / Dewi Rahayu</p>

Rahayu, Dewi (2021) Implementasi sistem pendidikan 3 in 1 dalam meningkatkan citra positif di Madrasah Aliyah Ma'arif Udanawu Blitar / Dewi Rahayu</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dunia pendidikan mengalami kesenjangan terkait dengan produk pendidikannya. Salah satunya di madrasah yang dianggap hanya mempelajari ilmu-ilmu agama dan kurang efektif untuk menentukan masa depan mutu pendidikan. Hadirnya sistem pendidikan 3 in 1 di MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar menjadi suatu gebrakan baru dalam dunia pendidikan. Penerapan sistem pendidikan 3 in 1 yang terlaksana dengan baik menjadi nilai yang bagus bagi madrasah. Hal ini terbukti dengan banyaknya prestasi yang sudah diraih melalui berbagai program. Sistem pendidikan 3 in 1 sangat relevan untuk meningkatkan citra madrasah melalui pembekalan science religious dan life skill. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi sistem pendidikan 3 in 1 dalam meningkatkan citra positif madrasah. Informan keseluruhan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah koordinator excellent program koordinator program mandikarama koordinator program keterampilan peserta didik dan orang tua. Pendekatan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Kemudian analisis data dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data peneliti diuji dengan triangulasi kecukupan referensi perpanjangan waktu pengamatan dan pengecekan anggota. Tahap penelitian dimulai dari tahap persiapan tahap penyusunan proposal tahap pelaksanaan dan tahap penyusunan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi excellent program yang ada di MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar berjalan lancar sehingga mampu menjawab tantangan masyarakat melalui prestasi-prestasi yang diraih peserta didik dalam bidang akademik. Kesuksesan excellent program tidak lepas dari peran kepala sekolah mulai dari perencanaan program sampai pembiayaan. Peserta didik harus melewati serangkaian tes untuk masuk kelas excellent. Excellent program memiliki 6 kelas di antaranya kelas matematika ekonomi ilmu sosial geografi fisika kimia dan biologi dengan metode pembelajaran diskusi dan menggunakan kurikulum muatan lokal. MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar juga bekerja sama dengan kampus Al Hikmah Surabaya IAIN Kediri dan Ganesha Operation untuk meningkatkan wawasan peserta didik. (2) Implementasi program mandikarama yang ada di MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar berjalan lancar sehingga mampu menjawab tantangan masyarakat melalui keberhasilan peserta didik dalam menuntaskan materi-materi yang menjadi standar kesuksesan madrasah. Kepala sekolah MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar melakukan perencanaan pengorganisasian pengawasan dan evaluasi untuk kelancaran program. Seleksi masuk kelas mandikarama kelas 10 dilakukan pada saat MOS sedangkan kelas 11 dan 12 pada saat peserta didik tidak mampu menuntaskan mapel ibadah. Materi yang diajarkan berpedoman pada buku standar kecakapan ubudiyah dengan metode setoran kepada guru yang berkompeten. Program mandikarama menggunakan kurikulum muatan lokal yang dilaksanakan pada hari Selasa dan Kamis setelah jam pulang sekolah. (3) Implementasi program keterampilan di MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar berjalan lancar sehingga mampu menjawab tantangan masyarakat melalui prestasi-prestasi yang diraih oleh peserta didik dalam bidang keterampilan. Kepala sekolah MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar melakukan perencanaan pengorganisasian pengawasan dan evaluasi dalam kesuksesan program. Program keterampilan menggunakan kurikulum yang berpedoman pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Agama (SK) No 1023/2016 dan mempunyai 7 jurusan. MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar menggunakan sistem moving class dan bekerja sama dengan BLK dalam uji kompetensi peserta didik (pemagangan). Peserta didik yang sudah lulus keterampilan akan mendapatkan sertifikat layak kerja dari BLK yang sudah diakui otoritasnya oleh pemerintah dunia kerja dan masyarakat. (4) Semua yang ada dalam MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar menjadi faktor pendukung. Mulai dari wadah peserta didik guru bidang tata usaha kepala sekolah dan orang tua peserta didik sampai dengan image prograsaranm yang positif. (5) Implementasi sistem pendidikan 3 in 1 mempunyai 2 faktor penghambat yaitu biaya dan peserta didik. Saran yang diajukan yaitu (1) Kepala sekolah MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar sebaiknya menjalin komunikasi kepada koordinator setiap program dengan lebih insentif untuk mengatasi terjadinya miskomunikasi dan kesalahpahaman yang terjadi. (2) Koordinator excellent program sebaiknya menjalin komunikasi dengan seluruh warga sekolah untuk menghadapi peserta didik yang suka membolos pada kelas excellent program. (3) Koordinator program mandikarama sebaiknya menjalin komunikasi dengan seluruh warga sekolah untuk menghadapi masalah dalam program mandikarama terutama masalah peserta didik.(4) Koordinator program keterampilan sebaiknya menjalin kerja sama lebih intens dengan masyarakat terutama wali murid dan kepala sekolah agar sama-sama mampu menyelesaikan permasalah dan mencari solusi terhadap masalah yang ada untuk kemajuan program tersebut. (5) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan teori dan menambah wawasan mengenai implementasi sistem pendidikan 3 in 1 dalam meningkatkan citra positif sekolah. selain itu jurusan juga dapat menjalin kerja sama dengan sekolah agar dapat membah wawasan baru bagi sekolah. (6) Peserta didik lebih disiplin dan mengembangkan kemampuan akademik memperdalam wawasan agamanya serta skill yang dimilikinya agar berprestasi disetiap bidangnya serta mampu merealisasikan dalam kehidupan sehari-hari. (6) Peneliti lain hendaknya dapat dijadikan bahan referensi agar dapat menambah pengetahuan mengenai implementasi sistem pendidikan 3 in 1 dalam meningkatkan citra madrasah. Dengan begitu diharapkan peneliti lain dapat mengembangkan penelitian tentang implementasi sistem pendidikan 3 in 1 dalam meningkatkan citra positif madrasah agar mampu memperoleh teori yang baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265775

Actions (login required)

View Item View Item