Kepemimpinan pembelajaran dalam mengembangkan profesionalitas guru (Studi Kasus di SD Plus Al Kautsar Malang) / Dehfi Yuhwaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan pembelajaran dalam mengembangkan profesionalitas guru (Studi Kasus di SD Plus Al Kautsar Malang) / Dehfi Yuhwaningsih

Yuhwaningsih, Dehfi (2021) Kepemimpinan pembelajaran dalam mengembangkan profesionalitas guru (Studi Kasus di SD Plus Al Kautsar Malang) / Dehfi Yuhwaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Dasar Plus Al Kautsar Malang senantiasa memperhatikan kualitas dan layanan sekolah baik itu berkenaan dengan kualitas output yakni peserta didik yang berprestasi yang mana juga dibekali akhlak islami sebagai ciri khas dari sekolah dengan cara pembiasaan budaya sekolah 9S (Salam Salim Sapa Senyum Santun Sehat Sabar Sholawat Silaturrahim) bagi seluruh warga sekolah. Dan juga kualitas dari tenaga pendidik yang mana memiliki peran dan fungsi dalam proses pendidikan yakni mengantarkan peserta didik menjadi sebagaimana yang diharapkan dengan sistem pembelajaran yang digunakan yakni pembelajaran tematik berbasis multiple intellegent. Kepedulian SD Plus Al Kautsar Malang terhadap kualitas sekolah yang dapat menghasilkan lulusan berprestasi dan berakhlak/berkarakter dibentuk dengan pertama-tama memperbaiki kualitas tenaga pendidik atau dengan kata lain menjadikan tenaga pendidik agar menjadi lebih profesional lagi. Hal ini dilakukan dengan cara menyelenggarakan program-program pengembangan profesional guru seperti yang dilakukan oleh Kepala SD Plus Al Kautsar Malang yang menerapkan kepemimpinan pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bentuk-bentuk pengembangan profesional guru oleh kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran di SD Plus Al Kautsar Malang (2) untuk mengetahui prosedur pelaksanaan program pengembangan profesional guru yang dilakukan oleh Kepala SD Plus Al Kautsar Malang sebagai pemimpin pembelajaran (3) untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dengan adanya pengembangan profesional guru yang dilakukan oleh Kepala SD Plus Al Kautsar Malang selaku pemimpin pembelajaran (4) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung pelaksanaan pengembangan profesional guru yang dilakukan oleh Kepala SD Plus Al Kautsar Malang selaku pemimpin pembelajaran dan (5) untuk mengetahui faktor-faktor penghambat/kendala pelaksanaan pengembangan profesional yang dihadapi guru SD Plus Al Kautsar Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti terdiri atas tiga teknik yakni menggunakan teknik obervasi wawancara dan studi dokumen. Penelitian dianalisis oleh peneliti sendiri sebagaimana peran peneliti yaitu sebagai instrumen kunci. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu reduksi data penyajian data/display dan kesimpulan atau verifikasi data. Kemudian peneliti melakukan empat uji keabsahan data penelitian yakni uji kredibiitas dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik transferability dependability dan confirmability. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk pengembangan profesional guru oleh kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran di SD Plus Al Kautsar Malang teridiri dari pelatihan internal dan eksternal. Pelatihan internal yang diselenggarakan berupa KKG mini motivasi pagi bedah buku lomba internal dan seminar internal bagi guru. Sedangkan untuk pelatihan eksternal berupa mengikuti workshop atau seminar di luar (2) Prosedur pelaksanaan program pengembangan profesional dilakukan dengan melalui beberapa tahapan yang sama dengan tahapan/proses manajemen yakni terdiri atas perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan pengendalian atau juga dapat disebut pemantauan atau pelaporan (3) Dampak yang ditimbulkan dengan adanya program pengembangan profesional tenaga pendidik di SD Plus Al Kautsar Malang cenderung memberikan dampak yang positif yakni dapat menambah pengetahuan meningkatkan keterampilan meningkatkan motivasi melatih kreativitas mendapatkan alternatif pemecahan masalah terkait pembelajaran dan lain sebagainya (4) Faktor-faktor pendukung pelaksanaan pengembangan profesional di SD Plus Al Kautsar Malang diantaranya adanya kesadaran dari tenaga pendidik akan pentingnya meningkatkan profesionalitas dalam bekerja adanya fasilitas atau sarana dan prasarana yang terpenuhi adanya pemateri internal dari sekolah/yayasan yang handal pada suatu topik pelatihan sehingga memungkinkan menyelenggarakan pelatihan/pengembangan profesional bagi semua tenaga pendidik dan adanya kerjasama yang baik antara kepala sekolah dengan jajarannya dikarenakan pembagian jobdes sudah terbagi dengan baik dan sistematis berdasarkan struktur organisasi sekolah (5) Faktor-faktor penghambat pelaksanaan pengembangan profesional di SD Plus Al Kautsar Malang diantaranya masih ditemukannya beberapa tenaga pendidik yang tingkat kesadarannya rendah kondisi fisik tenaga pendidik yang tidak memungkinkan untuk mengikuti kegiatan pengembangan masih banyak ditemukan jadwal yang bentrok antara program kegiatan pengembangan profesional yang diselenggarakan dengan jadwal mengajar tenaga pendidik sebagai akibat dari penyebaran informasi pelaksanaan program pengembangan profesional yang dibagikan secara mendadak ataupun dikarenakan tenaga pendidik memiliki orientasi kepentingan pribadi lain kurangnya dana untuk menyelenggarakan pelatihan/program pengembangan profesional yang dapat diikuti oleh seluruh tenaga pendidik dengan mendatangkan narasumber dari luar dan kendala teknis yang terjadi dikala pandemi dikarenakan bergantung dengan media seperti laptop dan jaringan internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265767

Actions (login required)

View Item View Item