Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Laboratorium UM Malang / Sahla Rahma Annisa Agrisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Laboratorium UM Malang / Sahla Rahma Annisa Agrisa

Agrisa, Sahla Rahma Annisa (2014) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Laboratorium UM Malang / Sahla Rahma Annisa Agrisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agrisa Sahla Rahma Annisa. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Laboratorium UM Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi M.Pd. (II) Dra. Amy Tenzer M.S. Kata Kunci Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Keterampilan Proses Sains Hasil Belajar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi di kelas XI IPA 2 SMA Laboratorium UM ditemukan bahwa keterampilan proses sains siswa masih kurang terlatih terbukti saat praktikum uji makanan siswa belum mempersiapkan diri dan mempelajari tu-juan alat dan bahan serta prosedur kerja yang akan dilakukan saat praktikum. Siswa juga belum dibiasakan merumuskan masalah dan hipotesis sebelum prak-tikum. Hasil wawancara dengan guru kelas XI IPA 2 mengenai hasil belajar bah-wa ada 9 orang dari 27 siswa atau 37 5% belum tuntas dengan kriteria ketuntasan minimal 78 pada materi sistem gerak. Keterampilan proses sains siswa yang ku-rang menyebabkan hasil belajar pun rendah. Melalui penerapan model pembela-jaran inkuiri terbimbing diharapkan dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Laboratorium UM. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang memi-liki 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan selama 2 siklus pada materi Sistem Pernapasan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan tes. Keterampilan proses sains siswa diukur menggunakan lembar observasi keterampilan proses sains siswa dan ca-tatan lapangan. Hasil belajar siswa yang diukur meliputi hasil belajar afektif menggunakan lembar observasi ranah afektif sedangkan hasil belajar kognitif menggunakan tes akhir setiap siklus. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan keterampilan proses sains siswa siklus II mengalami peningkatan dari siklus I dengan rincian melakukan pengamatan siklus I 68% menjadi 70% pada siklus II merumuskan masalah siklus I 45% menjadi 88% siklus II menyusun hipotesis siklus I 58% menjadi 85% siklus II merancang prosedur siklus I 90% menjadi 93% siklus II melaksanakan prosedur siklus I 88% menjadi 89% mengumpulkan data siklus I 55% menjadi 96% menyimpulkan siklus I 84% menjadi 95% siklus II dan mengkomunikasikan siklus I 85% menja-di 95% siklus II. Hasil belajar afektif siswa pada siklus I sebesar 88% menjadi 96% pada siklus II. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 71% menjadi 93% pada siklus II. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran inkuiri ter-bimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Adapun saran yang diberikan adalah sebelum penerapan model inkuiri terbimbing siswa harus diberi penjelasan dan bimbingan mengenai langkah dan prinsip pembelajaran inkuiri sebelum pembelajaran dimulai supaya siswa tidak mengalami kebingungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26574

Actions (login required)

View Item View Item