Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta kualitas pembelajaran terhadap peningkatan kinerja guru di SD Islam se-Kota Blitar / Erika Septia Risna Eni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta kualitas pembelajaran terhadap peningkatan kinerja guru di SD Islam se-Kota Blitar / Erika Septia Risna Eni

Eni, Erika Septia Risna (2022) Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta kualitas pembelajaran terhadap peningkatan kinerja guru di SD Islam se-Kota Blitar / Erika Septia Risna Eni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kinerja guru merupakan kemampuan dan upaya guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran serta kemampuan merencanakan pembelajaran melaksanakan kegiatan pembelajaran dan mengevaluasi hasil belajar. Pemanfaatan TIK adalah penerapan ilmu atau pengetahuan secara sistematis untuk menyelesaikan tugas-tugas secara praktis dan mudah dalam hal ini adalah memanfaatkan teknologi untuk memudahkan pekerjaan guru dalam melaksanakan tugas mengajar. Kualitas pembelajaran adalah suatu kondisi yang menggambarkan tingkat efektivitas suatu pembelajaran. Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk aktif berinteraksi dengan berbagai sumber belajar sehingga peserta didik dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif efisien dan menyenangkan (berdaya tarik). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi yaitu seluruh guru SD Islam Se-Kota Blitar yang berjumlah 149 guru dan diambil sampel sebanyak 109 guru melalui perhitungan rumus slovin dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data angket tertutup. Analisis data yang dilakukan yaitu uji prasyarat analisis yang terdiri atas uji normalitas uji multikolinearitas uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi serta uji hipotesis dengan regresi linear berganda karena jumlah variabel bebas lebih dari satu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat pemanfaatan TIK (2) tingkat kualitas pembelajaran (3) tingkat kinerja guru (4) pengaruh pemanfaatan TIK terhadap kinerja guru (5) pengaruh kualitas pembelajaran terhadap kinerja guru (6) pengaruh pemanfaatan dan kualitas pembelajaran terhadap kinerja guru. Hasil penelitian menggambarkan Tingkat pemanfaatan TIK di SDI se-Kota Blitar berada pada rentang nilai 30-40 kategori sangat tinggi (2) Tingkat kualitas pembelajaran di SDI se-Kota Blitar berada pada rentang nilai 55-72 kategori sangat tinggi (3) Tingkat kinerja guru berada pada rentang nilai 31-40 di SDI se-Kota Blitar kategori sangat tinggi (4) nilai t hitung untuk variabel pemanfaatan TIK (X1) adalah 7 151 gt tTabel 1 659 dengan tingkat signifikansi sebesar 0 000 lt 0 005 sehingga H1 diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pemanfaatan TIK (X1) terhadap kinerja guru (Y) di SDI se-Kota Blitar (5) Nilai t hitung untuk variabel kualitas pembelajaran (X2) adalah 5 415 gt tTabel 1 659 dengan tingkat signifikansi sebesar 0 000 lt 0 005 sehingga H2 diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas pembelajaran (X2) terhadap kinerja guru (Y) di SDI se-Kota Blitar (6) nilai F hitung 97 869 gt Ftabel 3 93 dengan tingkat signifikansi sebesar 0 000 lt 0 005. Sehingga H3 diterima dan dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pemanfaatan TIK (X1) dan kualitas pembelajaran (X2) terhadap kinerja guru (Y) di SDI se-Kota Blitar secara simultan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Tingkat pemanfaatan TIK di SDI se-Kota Blitar menurut responden termaksud dalam kategori sangat tinggi (2) Tingkat kualitas pembelajaran menurut responden termaksud dalam kategori sangat tinggi (3) Tingkat kinerja guru menurut responden termaksud dalam kategori sangat tinggi (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan TIK terhadap kinerja guru (5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pembelajaran terhadap kinerja guru (6) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan TIK dan kualitas pembelajaran secara simultan terhadap kinerja guru. Berdasarkan simpulan penelitian direkomendasikan (1) Para Kepala SDI se-Kota Blitar. Direkomendasikan bagi Kepala SDI se-Kota Blitar untuk melakukan pengawasan terhadap para guru agar dapat mempertahankan serta meningkatkan pemanfaatan TIK dan kualitas pembelajarannya sehingga meningkat pula kinerja guru guna mencapai pembelajaran yang berkualitas (2) Para Guru di SDI se-Kota Blitar. Direkomendasikan bagi guru SDI se-Kota Blitar untuk mempertahankan serta meningkatkan pemanfaatan TIK dan kualitas pembelajarannya sehingga meningkat pula kinerjanya (3) Penelitian Lain. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi bahwa pemanfaatan TIK dan kualitas pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Berdasarkan variabel penelitian yang digunakan pada penelitian ini hanya menggunakan 3 (tiga) variabel saja untuk itu perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan menambah variabel bebas sehingga dapat diketahui faktor lain yang juga mempengaruhi secara signifikan terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265734

Actions (login required)

View Item View Item