Implementasi BLUD dalam menunjang mutu sekolah di SMKN 4 Kota Malang / Ega Ardiantinata Kusuma Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi BLUD dalam menunjang mutu sekolah di SMKN 4 Kota Malang / Ega Ardiantinata Kusuma Putri

Putri, Ega Ardiantinata Kusuma Putri (2022) Implementasi BLUD dalam menunjang mutu sekolah di SMKN 4 Kota Malang / Ega Ardiantinata Kusuma Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan Pendidikan yang ditempuh untuk mengatasi kebutuhan SDM yang paham akan teknologi adalah melalui jalur pendidikan sekolah kejuruan. Pendidikan kejuruan dipersiapkan untuk orang-orang yang mampu bersaing memasuki dunia kerja dan dunia industri baik formal maupun informal. Hal tersebut mengindikasikan target output yang ingin dicapai adalah lulusan yang memiliki keterampilan yang kompeten sehingga mampu bersaing memasuki dunia kerja dan dunia industry. Dengan demikian BLUD dirasa sangat cocok bagi Sekolah Menengah Kejuruan yang dianggap telah mampu mengembangkan teaching factory-nya. Fokus Penelitian ini adalah (1) Perencanaan gambaran secara umum renstra bisnis BLUD di SMKN 4 Malang (2) Implementasi BLUD di SMKN 4 Malang (3) Pengendalian BLUD di SMKN 4 Malang (4) Evaluasi kegiatan BLUD di SMKN 4 Malang (5) Dampak BLUD terhadap mutu sekolah di SMKN 4 Malang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan melalui pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang dipakai yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam observasi dan dokumentasi. Lalu analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses pengecekan keabsahan data peneliti menerapkan triangulasi sumber dan triangulasi metode serta kecukupan referensi. Dampak dari penerapan BLUD di SMKN 4 Malang dilihat dalam dua sudut pandang yakni dari sudut pandang sekolah yang mendapatkan dampak pada layanan sekolah dengan keyakinan institusi bahwa itu mempengaruhi mutu sekolah kemudian pengelolahan sekolah menjadi fleksibel pengawasan keuangan menjadi lebih terorganisir dan terdapat payung hukum atas kegiatan usaha dari sekolah. Dari sudut pandang peserta didik yang mana mendapatkan metode pembelajaran berbasis pengetahuan serta pengalaman dalam manufaktur fokus sekolah dalam mengeksplorasi potensi diri peserta didik menjadikan bakat dan minat dari peserta didik untuk dikembangkan melalui wawasan serta pengalaman dan menjadikan peserta didik mengenal secara langsung pengelolahan bisnis secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265727

Actions (login required)

View Item View Item