Pendidikan karakter sopan santun (studi kasus di smp negeri 6 malang) / Sulastri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan karakter sopan santun (studi kasus di smp negeri 6 malang) / Sulastri

Sulastri (2022) Pendidikan karakter sopan santun (studi kasus di smp negeri 6 malang) / Sulastri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sopan santun dapat dikatakan sebagai sikap atau perilaku individu untuk menghormati atau menghargai individu lain terutama kepada individu yang lebih dewasa. Dalam kehidupan sehari-hari perilaku sopan santun sangat dibutuhkan dalam menjalin komunikasi dengan orang lain. Hal ini dikarenakan sopan santun merupakan karakter dasar yang dapat mencerminkan baik buruknya perilaku seseorang. Seseorang yang mempunyai perilaku sopan santun maka akan dihargai dan disenangi keberadaannya sebagai makhluk sosial dimanapun berada. Oleh karena itu penanaman pribadi yang sopan dan santun pada pendidikan di sekolah perlu diterapkan dan dilestarikan sehingga siswa juga mempunyai kebiasaan baik yang akan di terapkan di manapun mereka berada bukan hanya di sekolah. Fokus penelitian ini antara lain (1) bentuk kegiatan pendidikan karakter sopan santun di SMP Negeri 6 Malang (2) strategi pelaksanaan pendidikan karakter sopan santun di SMP Negeri 6 Malang (3) bentuk pengawasan pendidikan karakter sopan santun di SMP Negeri 6 Malang (4) dampak pendidikan karakter sopan santun di SMP Negeri 6 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 6 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bentuk pendidikan karakter sopan santun yang diterapkan oleh SMP Negeri 6 Malang yaitu dengan pembiasaan program 5S( senyum sapa salam sopan dan santun) dan pembiasaan ucapan kata tolong terima kasih dan maaf pembiasaan sopan santun ini diintegrasikan melalui tiga cara yakni integrasi melalui pembelajaran di kelas integrasi melalui pembiasaan di sekolah dan integrasi melalui masyarakat (2) strategi yang digunakan sekolah dalam pelaksanaan pendidikan karakter sopan santun yaitu dengan menerapkan program pembiasaan sopan dan santun setiap harinya di sekolah dan menerapkan program pemilihan siswa berkarakter tiap semester (3) bentuk pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah melalui dua cara yaitu pengawasan secara langsung dan tidak langsung pengawasan langsung dilakukan dengan mengamati secara langsung kegiatan yang sedang dilaksanakan pengawasan secara tidak langsung dilakukan dengan melihat dokumen yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan karakter sopan santun tersebut (4) dampak dari diterapkannya pendidikan karakter sopan santun di SMP Negeri 6 Malang kepada siswa yaitu berdampak pada sikap atau perilaku siswa baik dilingkungan sekolah keluarga atau pun masyarakat dan juga berdampak kepada prestasi belajar siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265725

Actions (login required)

View Item View Item