Hubungan kualitas layanan tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan peserta didik smp swasta di tulungagung / Titis Sutradara Husnaa - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kualitas layanan tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan peserta didik smp swasta di tulungagung / Titis Sutradara Husnaa

Husnaa, Titis Sutradara Husnaa (2022) Hubungan kualitas layanan tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan peserta didik smp swasta di tulungagung / Titis Sutradara Husnaa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan sekolah dalam mewujudkan kepuasan peserta didik sebagai pelanggan pendidikan yaitu dengan memberikan pelayanan secara optimal. Untuk mewujudkan layanan yang berkualitas dibutuhkan tenaga administrasi sekolah yang memiliki keterampilan dan kompetensi yang baik. Jika sekolah senantiasa memberikan kualitas pada layanan diharapkan dapat mewujudkan image positif bagi masyarakat pada lembaga tersebut. Melalui peningkatan kualitas pelayanan pendidikan secara maksimal dimaksudkan untuk membuat peserta didik agar melaksanakan aktivitas pelayanan secara berulang atau memperlihatkan kualitas layanan di suatu instansi/lembaga tersebut kepada orang lain sehingga terjadi proses pelayanan secara kontinu yang pada akhirnya meningkatkan kelangsungan hidup instansi/lembaga. Akan tetapi apakah kegiatan kualitas layanan tenaga administrasi sekolah dapat mewujudkan kepuasan peserta didik apabila didapati dari tiga konsep pelayanan yaitu pada sikap (attitude) perhatian (attention) dan tindakan (action). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kualitas layanan tenaga administrasi sekolah berdasarkan konsep attitude attention dan action (3A) (2) mendeskripsikan tingkat kepuasan peserta didik SMP Swasta di Tulungagung dan (3) mendeskripsikan hubungan kualitas layanan tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan peserta didik SMP Swasta di Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner tertutup. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik pada SMP Swasta di Tulungagung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah total 4.417 peserta didik dan 366 sampel penelitian. Namun satu dan lain hal angket atau kuesioner yang kembali kepada peneliti hanya pada 19 sekolah dengan jumlah 245 sampel penelitian. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dan teknik korelasi product moment pearson. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut (1) tingkat kualitas layanan tenaga administrasi sekolah berdasarkan prinsip 3A yang dilaksanakan pada SMP Swasta di Tulungagung berada pada kategori sangat tinggi (2) tingkat kepuasan peserta didik SMP Swasta di Tulungagung berada pada kategori sangat tinggi (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas layanan tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan peserta didik SMP Swasta di Tulungagung hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai signifikansi yaitu 0 043 lt 0 05 dan nilai r hitung sebesar 0 129 gt 0 113 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Saran dari penelitian ini ditujukan kepada (1) Kepala SMP Swasta di Tulungagung disarankan agar senantiasa mempertahankan kualitas layanan tenaga administrasi sekolah kepada peserta didik karena sudah masuk pada kategori sangat tinggi peserta didik juga sangat puas terhadap layanan yang diberikan dan terbukti adanya hubungan yang positif dan signifikan antar kedua variabel (2) Tenaga administrasi sekolah pada SMP Swasta di Tulungagung yang secara langsung memberikan pelayanan disarankan untuk senantiasa mempertahankan kualitas layanan yang diberikan dalam memenuhi kebutuhan harapan dan keinginan agar tetap memberikan kepuasan terhadap peserta didik (3) Ketua Departemen Administrasi Pendidikan disarankan agar meningkatkan perkuliahan yang membekali mahasiswa terkait kualitas layanan karena layanan yang diberikan oleh tenaga administrasi sekolah pada SMP Swasta di Tulungagung terbukti ada hubungan positif dan signifikan dengan kepuasan peserta didik. dan (4) Peneliti lain diharapkan dapat menjadi referensi tambahan pada penelitian selanjutnya dan juga dapat melakukan penelitian lebih lanjut terkait permasalahan serupa dengan menambahkan perspektif lain berdasarkan kelima dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265724

Actions (login required)

View Item View Item