Manajemen pendidikan karakter spiritual di satuan pendidikan menengah berbasis ma'had (studi kasus di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Singosari) / Navira Adya Pradita</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pendidikan karakter spiritual di satuan pendidikan menengah berbasis ma'had (studi kasus di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Singosari) / Navira Adya Pradita</p>

Pradita, Navira Adya (2022) Manajemen pendidikan karakter spiritual di satuan pendidikan menengah berbasis ma'had (studi kasus di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Singosari) / Navira Adya Pradita</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam sebuah proses pengadaan program baru yang dilakukan oleh sekolah khususnya SMAN 1 Singosari terdapat beberapa proses yang perlu dilakukan agar program tersebut nantinya berjalan dengan maksimal. Proses yang perlu dilakukan oleh sekolah pun meliputi proses perencanaan. Proses perencanaan juga terbagi atas beberapa proses lagi yang dimulai dari pembentukan tim khusus sesuai dengan surat keputusan kepala sekolah meminta saran dan pendapat para ahli evaluasi diri sekolah dan mengacu pada visi sekolah yang nantinya akan melalui proses mengkaji dan mengevaluasi. Proses berikutnya yaitu implementasi program terdiri atas pembiasaan karakter siswa adanya Ma rsquo had atau asrama serta adanya kelas homogen dan heterogen. Proses terakhir yaitu dampak yang didapat oleh sekolah terdiri atas dampak negatif dan dampak positif. Dampak negatif terdiri atas banyak orang tua yang memaksakan diri agar anaknya bisa masuk ke program unggulan pandangan masyarakat yang menyatakan bahwa SMAN 1 Singosari merupakan sekolah negeri yang berbasis Islam dan beberapa masyarakat pun menganggap bahwa SMAN 1 Singosari telah berubah menjadi sekolah Islam. Dampak positif yang di dapat yaitu citra positif sekolah semakin meningkat dikenal Pemerintah bahwa seluruh siswanya rajin beribadah tingkat animo masyarakat terhadap sekolah semakin tinggi terbentuknya karakter religius peserta didik terbentuknya insan qurani bagi muslim. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap (1) pengumpulan data (2) kondensasi data (3) penyajian data (4) verifikasi dan menarik kesimpulan. SMAN 1 Singosari merupakan satu-satunya SMAN di Malang Raya yang mengadakan kerja sama dengan beberapa Pondok Pesantren dengan tujuan memberikan ilmu spiritual secara optimal demi bekal para siswa di masa depan. Tak hanya menjalin kerja sama dengan Pondok Pesantren namun juga melakukan kerja sama dengan berbagai pemuka agama sesuai agama yang dianut para siswa sehingga program ini tidak hanya condong kepada agama mayoritas saja. Seluruh kegiatan pembiasaan karakter spiritual yang dilakukan di sekolah dibawah koordinasi Waka Kesiswaan. Dengan adanya program ini diharapkan dapat menjadi program unggulan di SMAN 1 Singosari dan tentu saja dapat menjadi citra positif sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265723

Actions (login required)

View Item View Item