Hubungan kepemimpinan pembelajaran dan efikasi diri dengan kinerja mengajar guru di SMAN Kota Batu / Khoirunisa Sukma Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kepemimpinan pembelajaran dan efikasi diri dengan kinerja mengajar guru di SMAN Kota Batu / Khoirunisa Sukma Hadi

Hadi, Khoirunisa Sukma (2022) Hubungan kepemimpinan pembelajaran dan efikasi diri dengan kinerja mengajar guru di SMAN Kota Batu / Khoirunisa Sukma Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepemimpinan pembelajaran berfokus terhadap pembelajaran yang mana hasil belajar siswa ditentukan oleh kualitas dan kinerja mengajar guru. Kinerja mengajar guru dipengaruhi oleh faktor luar dan dalam diri yang mana salah satu faktor luar yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan faktor dalam yaitu efikasi diri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kinerja mengajar guru dan kurang terampilnya guru dalam mengajar. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui bagaimana tingkat kepemimpinan pembelajaran di SMAN Kota Batu (2) untuk mengetahui bagaimana tingkat efikasi diri guru di SMAN Kota Batu (3) untuk mengetahui bagaimana tingkat kinerja mengajar guru di SMAN Kota Batu (4) Untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan pembelajaran dan efikasi diri di SMAN Kota Batu (5) Untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan pembelajaran dengan kinerja mengajar guru di SMAN Kota Batu (6) Untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan kinerja mengajar guru di SMAN Kota Batu dan (7) Untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan pembelajaran dan efikasi diri dengan kinerja mengajar guru di SMAN Kota Batu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan melakukan rancangan deskriptif-korelasional yang bertujuan menjelaskan suatu peristiwa atau fenomena berdasarkan data dan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antar variabel. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Batu SMAN 2 Batu dan SMAN 3 Batu. Adapun populasi dalam penelitian ini 161 guru dan sampel dalam penelitian ini yaitu 114 guru dari tiga sekolah yang ditetapkan dengan menggunakan rumus slovin. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang diisi sesuai dengan persepsi guru. Analisis data penelitian ini menggunakan product moment pearson dan korelasi ganda. Adapun hasil analisis data yang diperoleh yaitu (1) tingkat kepemimpinan pembelajaran kepala SMA Negeri Kota Batu tergolong ke dalam kategori sangat tinggi (2) tingkat efikasi diri guru SMA Negeri Kota Batu tergolong pada kategori sangat tinggi (3) tingkat kinerja mengajar guru SMA Negeri Kota Batu tergolong ke dalam kategori sangat tinggi (4) terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel kepemimpinan pembelajaran dan efikasi diri di SMA Negeri Kota Batu (5) terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel kepemimpinan pembelajaran dengan kinerja mengajar guru SMA Negeri Kota Batu (6) terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dengan kinerja mengajar guru SMA Negeri Kota Batu dan (7) terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel kepemimpinan pembelajaran dan efikasi diri dengan kinerja mengajar guru SMA Negeri Kota Batu. Berdasarkan kesimpulan penelitian yang telah dilakukan di SMAN se-Kota Batu terdapat saran teoritis dan praktis. Saran teoritis (1) penelitian ini masih banyak kekurangan utamanya dalam sumber referensi disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk memberbanyak referensi dan sumber terkait kepemimpinan pembelajaran dan efikasi diri (2) pengambilan sampel responden dalam penelitian ini terbatas sehingga disarankan bagi penelitian selanjutkan dapat memperluas lokasi penelitian sehingga hasil dari penelitian dapat beragam dari berbagai lokasi.Saran praktis disarankan kepada (1) kepala sekolah kepemimpinan pembelajaran yang telah dilakukan oleh kepala sekolah saat ini berada pada klasifikasi tinggi. Maka bagi kepala sekolah disarankan untuk mempertahankan dan juga meningkatkan kemampuannya sebagai pemimpin pembelajaran dengan memperhatikan kondisi yang diperlukan guru sehingga kinerja mengajar guru meningkat ke taraf yang lebih baik (2) guru diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi pendorong dan motivasi guru untuk lebih meningkatkan kompetensi dan kemampuan yang dimilikinya sehingga memperoleh tingkat kinerja yang lebih baik lagi dan (3) peneliti lain diharapkan peneliti lain untuk memperluas orientasi penelitian di lingkup populasi yang lebih luas atau melakukan penelitian di daerah lain sehingga temuan penelitian mungkin dapat berbeda sesuai dengan daerah dan budaya masing-masing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265718

Actions (login required)

View Item View Item