Penguatan pendidikan karakter Islamiyyah dalam meningkatkan ibadah peserta didik (studi kasus di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kediri) / Wyne Ristuti Priatna - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguatan pendidikan karakter Islamiyyah dalam meningkatkan ibadah peserta didik (studi kasus di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kediri) / Wyne Ristuti Priatna

Priatna, Wyne Ristuti (2022) Penguatan pendidikan karakter Islamiyyah dalam meningkatkan ibadah peserta didik (studi kasus di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kediri) / Wyne Ristuti Priatna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Priatna W.R. 2022. Penguatan Pendidikan Karakter Islamiyyah dalam Meningkatkan Ibadah Peserta Didik (Studi Kasus di MI Al-Irsyad Al-islamiyyah Kediri). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Imron Arifin M.Pd. (II) Wildan Zulkarnain S.Pd M.Pd. Kata Kunci pendidikan islamiyyah metode pembelajaran khusus karakter kontrol ibadah pembelajaran daring. Pendidikan merupakan proses transinternalisasi pengetahuan dan nilai kepada peserta didik melalui upaya pengajaran pembiasan bimbingan pengasuhan pengawasan dan pengembangan potensinya guna mencapai keselarasan dan kesempurnaan hidup di dunia. Sasaran pendidikan kepada peserta didik adalah membentuk karakter diri sedangkan tujuan utama pendidikan bukan pengetahuan namun tindakan. Oleh karena itu pendidikan karakter dalam suatu lembaga pendidikan sangat dibutuhkan. Pendidikan karakter itu sendiri adalah pengetahuan tenatng nilai budi pekerti moral dan watak yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan memelihara apa yang baik mewujudkan dan menebarkan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa karakter yang penting untuk dimiliki dalam diri peserta didik yaitu iman yang termasuk nilai karakter terhadap Tuhan dan tanggung jawab yang termasuk dalam nilai karakter terhadap diri sendiri. Pendidikan akhlak atau pendidikan karakter religius dibentuk melalui suatu proses yang panjang. Guna membentuk pribadi berkarakter dalam peserta didik dapat melalui kebiasaan-kebiasaan yang baik dan bermanfaat yang dilakukan secara berulang-ulang selama jangka waktu yang panjang sehingga karakter tersebut akan masuk dalam dirinya yang sulit ditinggalkan. Fokus penelitian ini terbagi menjadi lima yaitu (1) penerapan motto islamiyyah yaitu ldquo ibadah tanpa diperintah rdquo di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kediri (2) implementasi metode pembelajaran khusus untuk menunjang keberhasilan motto islamiyyah di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kediri (3) pemberian penguatan pendidikan karakter islamiyyah kepada peserta didik untuk menunjang keberhasilan motto islamiyyah yang dipegang oleh MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kediri (4) upaya yang dilakukan madrasah untuk mengontrol konsistensi ibadah dalam penguatan pendidikan karakter islamiyyah peserta didik sebelum pandemi di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kediri (5) proses pelaksanaan pembelajaran daring dan masalah yang dihadapi saat mengontrol konsistensi ibadah peserta didik pada masa pandemi di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus tunggal. Kehadiran peneliti di lokasi penelitian sebagai instrumen kunci untuk pengumpulan data sehingga peneliti melakukan penelitian secara langsung di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah yang beralamatkan di Jalan Tembus Kaliombo No. 3-5 Kota Kediri Jawa Timur. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah kepala madrasah kepala TAS MI guru kelas 5C peserta didik kelas 5C dan kelas 6A serta orang tua. Kemudian menganalisis data dengan cara mengumpulkan data memilah data penyajian data dan penarikan data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan bahan referensi lampiran dokumen triangulasi dan diskusi untuk memaksimalkan temuan yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian yang didapat pada lima fokus tersebut yaitu (1) penerapan motto islamiyyah yaitu ldquo ibadah tanpa diperintah rdquo di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kediri dipengaruhi oleh faktor internal peserta didik yaitu kesadaran dari dalam diri menjadi proses pembiasaan untuk membentuk kemauan beribadah tanpa diperintah. Faktor eksternal yang memengaruhi peserta yaitu pengaruh dari lingkungan sekitar peserta didik. Selain itu Upaya yang dilakukan oleh madrasah untuk mendukung keberhasilan penanaman motto ibadah tanpa diperintah yaitu adanya dorongan yang berupa reward dan punishment. (2) implementasi metode pembelajaran khusus yang diberikan madrasah untuk menunjang keberhasilan motto islamiyyah di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kediri dengan metode atau teknik Tadzkirah yang diartikan peringatan untuk selalu menjadi pemikir dan penghafal semua ajaran Islam (3) pemberian penguatan pendidikan karakter islamiyyah kepada peserta didik untuk menunjang keberhasilan motto islamiyyah yang dipegang oleh MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kediri yaitu menggunakan strategi melalui kontrol dari madrasah yang dilakukan setiap akhir bulan. Pendidikan karakter yang ingin dibentuk yaitu peserta didik berkarakter akhlakul karimah dan berprestasi. Peserta didik yang memiliki akhlakul karimah yaitu yang berkarakter fathonah atau cerdas amanah atau bisa dipercaya tablig atau menyampaikan pendapat dan sidiq atau jujur (4) upaya yang dilakukan madrasah untuk mengontrol konsistensi ibadah dalam penguatan pendidikan karakter islamiyyah peserta didik sebelum pandemi di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kediri yaitu menggunakan buku beribadah. Buku Beribadah adalah buku kontrol yang diberikan kepada peserta didik mengenai catatan sholat wajib dan sunnah bacaan Al-Qur rsquo an serta kedisiplinan kegiatan sosial (5) proses pelaksanaan pembelajaran daring dan masalah yang dihadapi saat mengontrol konsistensi ibadah peserta didik pada masa pandemi di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kediri yaitu menggunakan google classroom E-learning madrasah dan channel Youtube madrasah. Namun dalam pelaksanaannya terdapat permasalahan yang dihadapi oleh guru MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kediri seperti aplikasi yang digunakan pembelajaran daring bermasalah teknologi yang dimiliki peserta didik terbatas dan pendamping peserta didik di rumah yang tidak menguasai teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265713

Actions (login required)

View Item View Item