Analisis kepuasan mahasiswa terhadap website universitas negeri malang untuk keperluan layanan akademik / Vina Kameliya - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kepuasan mahasiswa terhadap website universitas negeri malang untuk keperluan layanan akademik / Vina Kameliya

Kameliya, Vina (2022) Analisis kepuasan mahasiswa terhadap website universitas negeri malang untuk keperluan layanan akademik / Vina Kameliya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Website universitas merupakan layanan teknologi informasi yang dapat digunakan oleh pengguna web kapan dan dimana saja. Website Universitas Negeri Malang memberikan berbagai layanan kepada mahasiswa berupa layanan akademik online yakni Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Sistem Informasi Perpustakaan Terpadu (SIPADU) Sistem Informasi Praktek Lapangan (SIPPL) dan Sistem Informasi Pembelajaran Jaringan (SIPEJAR). Layanan akademik digunakan sebagai wadah informasi mahasiswa berupa data akademik seperti prestasi perkembangan belajar dan informasi penunjang pada layanan yang tersedia. Untuk mencapai keberhasilan website diperlukan evaluasi pada layanan akademik online sehingga menghasilkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Kepuasan mahasiswa merupakan suatu respon yang ditunjukkan mahasiswa ketika menggunakan layanan akademik pada website UM. Kepuasan mahasiswa menjadi salah satu ukuran dari keberhasilan lembaga pendidikan tinggi dalam mengelola lembaga pendidikannya. Untuk mengukur kepuasan mahasiswa terhadap website layanan akademik UM yakni dengan teori webqual yang didalamnya terdapat dimensi kegunaan kualitas informasi dan kualitas layanan interaksi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap website SIAKAD UM berdasarkan kegunaan kualitas informasi dan kualitas layanan interaksi. (2) menjelaskan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap website SIPADU UM berdasarkan kegunaan kualitas informasi dan kualitas layanan interaksi (3) menjelaskan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap website SIPPL UM berdasarkan kegunaan kualitas informasi dan kualitas layanan interaksi (4) menjelaskan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap website SIPEJAR UM berdasarkan kegunaan kualitas informasi dan kualitas layanan interaksi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif atau descriptive research. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling yang digunakan untuk menentukan sampel penelitian secara acak dengan memperhatikan unsur-unsur atau kategori dalam populasi penelitian. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebesar 24.285 orang dan sampel penelitian sebanyak 393 orang. Data penelitian berupa angka yang mewakili respon dari responden data ini nantinya digunakan untuk uji hipotesis. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket atau kuesioner online. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan variabel penelitian. Dengan mencari nilai mean pada hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini diperoleh 4 simpulan hasil penelitian. Pertama tingkat kepuasan mahasiswa terhadap website UM pada SIAKAD berdasarkan dimensi kegunaan kualitas informasi dan kualitas layanan interaksi adalah puas. Kedua tingkat kepuasan mahasiswa terhadap website UM untuk SIPADU berdasarkan dimensi kegunaan kualitas informasi dan kualitas layanan interaksi adalah puas. Ketiga tingkat kepuasan mahasiswa terhadap website UM untuk SIPPL berdasarkan dimensi kegunaan kualitas informasi dan kualitas layanan interaksi adalah puas. Dan keempat tingkat kepuasan mahasiswa terhadap website UM pada SIPEJAR adalah puas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepuasan mahasiswa terhadap website UM untuk keperluan layanan akademik berdasarkan dimensi kegunaan kualitas informasi dan kualitas layanan interaksi berada pada kategori puas.Saran-saran yang dapat dikemukakan berhubungan dengan hasil penelitian ini adalah kepada (1) Kepala UPT Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) Universitas Negeri Malang perlu melakukan sosialisasi secara masif tentang layanan website yang berkaitan dengan layanan mutu akademik. (2) Pengguna website atau mahasiswa UM hendaknya dapat aktif memanfaatkan sekaligus memberi masukan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan informasi atau layanan yang disediakan (3) Peneliti Lain hendaknya dapat melanjutkan dan mengembangkan penelitian ini sesuai dengan kebutuhan dalam lingkup yang lebih luas atau dengan pendekatan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265712

Actions (login required)

View Item View Item