Hubungan antara layanan akademik dan kepuasan mahasiswa pada masa pandemi covid 19 di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Endang Lidia Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara layanan akademik dan kepuasan mahasiswa pada masa pandemi covid 19 di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Endang Lidia Wati

Wati, Endang Lidia (2022) Hubungan antara layanan akademik dan kepuasan mahasiswa pada masa pandemi covid 19 di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Endang Lidia Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wati Endang Lidia. Hubungan Antara Layanan Akademik dan Kepuasan Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid 19 di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd. (II) Desi Eri Kusumaningrum S.Pd. M.Pd. Kata Kunci layanan akademik kepuasan mahasiswa pandemi Covid 19 Pandemi Covid 19 yang terjadi tidak bisa menghentikan proses pelayanan Perguruan Tinggi terhadap mahasiswanya. Proses pelayanan yang dilakukan juga menyesuaikan dengan peraturan yang ada. Proses pelayanan akademik yang dilakukan selama masa pandemi diharapkan bisa memberikan kepuasan kepada mahasiswa walaupun dilakukan berbeda dengan hari-hari biasanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat layanan akademik pada Masa Pandemi Covid 19 secara rinci (a) tingkat layanan Dosen (b) tingkat layanan Tenaga Kependidikan (c) tingkat layanan layanan pembelajaran (d) tingkat layanan sarana dan prasarana (2) tingkat kepuasan mahasiswa pada Masa Pandemi Covid 19 (3) hubungan antara layanan akademik mahasiswa dan kepuasan mahasiswa pada Masa Pandemi Covid 19. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket dengan menggunakan skala likert dengan 4 alternatif jawaban dikarenakan menyesuaikan dengan keadaan dilapangan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan statistik deskriptif product moment pearson dengan regresi sederhana. Responden dalam penelitian ini yaitu mahasiswa dari 6 Departemen di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Populasi sebanyak 5.092 orang mahasiswa diambil sampel penelitian sebanyak 371 orang mahasiswa dengan menggunakan rumus Slovin dalam penentuan jumlah sampel. Kesimpulan penelitian ini (1) tingkat layanan akademik mahasiswa pada Masa Pandemi Covid 19 di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang berada pada kategori sedang secara rinci (a) tingkat layanan Dosen berada pada kategori sedang (b) tingkat layanan Tenaga Kependidikan berada pada kategori tinggi (c) tingkat layanan pembelajaran sipejar berada pada kategori sedang (d) tingkat layanan sarana dan prasarana berada pada kategori tinggi (2) tingkat kepuasan mahasiswa pada Masa Pandemi Covid 19 di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang berada pada kategori sedang (3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara layanan akademik mahasiswa dan kepuasan mahasiswa pada Masa Pandemi Covid 19 di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Sehingga tingkat layanan akademik mahasiswa yang bagus tidak ada hubungannya dengan tingkat kepuasan mahasiswa. Selanjutnya apabila tingkat kepuasan mahasiswa tinggi juga tidak memiliki keterkaitan dengan tingkat layanan akademiknya Berdasarkan simpulan penelitian peneliti merekomendasikan (1) Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang mahasiswa dapat ikut serta dalam memantau proses pelayanan akademik yang dilakukan oleh dosen tenaga kependidikan pelayanan aplikasi sipejar dan pelayanan sarana dan prasarana di Fakultas Ilmu Pendidikan (2) Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan perlu adanya tindak lanjut untuk mengembangkan dan meningkatkan layanan akademik terutama layanan dosen terhadap mahasiswa agar mampu meningkatkan kepuasan mahasiswa selama proses belajar mengajar berlangsung (3) Tenaga Kependidikan perlu adanya tindak lanjut untuk mengembangkan dan meningkatkan layanan akademik terutama layanan tenaga kependidikan agar proses pelayanan yang dilakukan bisa memberikan kemudahan untuk para mahasiswa selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung (4)Tenaga Sistem pembelajaran perlu adanya tindak lanjut untuk mengembangkan dan meningkatkan layanan akademik terutama layanan sistem pembelajaran hal ini seperti dengan mempermudah mahasiswa dalam mengakses sipejar sesuai dengan kebutuhan pembelajaran (5) Tenaga Sarana dan prasarana perlu adanya tindak lanjut untuk mengembangkan dan meningkatkan layanan akademik terutama layanan sarana dan prasarana yang ada sesuai dengan kebutuhan pembelajaran (6) Bagi Ketua Departemen Administrasi Pendidikan Departemen Bimbingan dan Konseling Departemen Teknologi Pendidikan Departemen KSDP Departemen PLS dan Departemen PLB perlu adanya tidak lanjut dan pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan layanan akademik mahasiswa. Terutama terkait kebijakan-kebijakan yang nantinya diambil sesuai dengan kebutuhan pembelajaran yang ada dimasing-masing departemen (7) Bagi Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan perlu adanya tidak lanjut dan pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan layanan akademik mahasiswa. Hal ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan belajar mengajar di Fakultas Ilmu Pendidikan (8) Peneliti lain berdasarkan variabel penelitian yang digunakan pada penelitian ini hanya menggunakan 2 (dua) variabel saja untuk itu perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan menambah variabel bebas agar bisa lebih mendetail seperti tingkat layanan dosen layanan tenaga kependidikan layanan sistem pembelajaran dan juga sarana dan prasarana sehingga dapat diketahui faktor lain yang dapat mempengaruhi secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265711

Actions (login required)

View Item View Item