Strategi pengelolaan program unggulan sekolah (studi kasus di MA Negeri 1 Kabupaten Ngawi - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pengelolaan program unggulan sekolah (studi kasus di MA Negeri 1 Kabupaten Ngawi

Astuti, Aprilia Dewi (2022) Strategi pengelolaan program unggulan sekolah (studi kasus di MA Negeri 1 Kabupaten Ngawi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program unggulan yang dimiliki sekolah menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi calon siswa untuk memilih dan menentukan sekolah yang akan dimasuki. Tidak hanya calon siswa orang tua juga memiliki pilihan dan kriteria untuk memilih sekolah yang dapat dipercaya untuk memberikan pendidikan yang baik bagi anak-anaknya. Perbedaan program unggulan yang dimiliki oleh masing-masing sekolah menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi calon siswa dalam memilih sekolah yang diminati. Permasalahan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak sekolah yang kekurangan siswa sehingga sekolah terpaksa harus ditutup atau digabung dengan sekolah lain. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana strategi pengelolaan program unggulan sekolah di MA Negeri 1 Ngawi sehingga dapat menarik minat calon peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui metode penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan analisis deskriptif. Metode ini meliputi kegiatan observasi wawancara serta mengkaji juga dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan saat ini. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui data observasi catatan wawancara kepada informan serta data dokumentasi lainnya sebagai penunjang penelitian. Analisis data dalam penelitian ini meliputi tiga tahap kegiatan yaitu (1) reduksi data yang merupakan proses pemilihan pemusatan perhatian mengabstraksi dan mentransformasi data kasar yang diambil dari lapangan. (2) Penyajian data merupakan tahap pengelompokan hal-hal yang serupa menjadi kategori atau kelompok-kelompok agar peneliti lebih mudah untuk melakukan pengambilan kesimpulan. Dan (3) menarik kesimpulan merupakan tahap yang dilakukan peneliti dengan membandingkan data-data yang sudah didapat dengan data-data hasil wawancara dengan subjek dan informan yang bertujuan untuk menarik kesimpulan. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa program unggulan di MA Negeri 1 Ngawi terdiri dari 2 jenis yaitu akademik dan non akademik. Yang termasuk program unggulan yang bersifat akademik yaitu Sistem Kredit Semester (SKS) by school. Sedangkan program unggulan non akademik yaitu ma rsquo had tahfidz program terapan bidang teknologi komunikasi (prodistik) madrasah digital madrasah riset dan madrasah vokasional. Adanya program-program unggulan di MA Negeri 1 Ngawi memberikan peningkatan terhadap pendaftar setiap tahunnya. Penetapan program unggulan tersebut dilatarbelakangi oleh beberapa aspek yaitu aspek pencapaian tujuan lembaga aspek sosial ekonomi aspek persaingan antar lembaga aspek kondisi budaya dan aspek kebutuhan pembelajaran dan pengembangan siswa. Prinsip pengelolaan program unggulan di MA Negeri 1 Ngawi antara lain yaitu prinsip efisiensi dan efektivitas prinsip pengelolaan prinsip pengutamaan tugas pengelolaan prinsip kepemimpinan efektif serta prinsip kerja sama. Strategi perencanaan program unggulan yang dilakukan yaitu dengan melakukan analisis situasi yang meliputi sosial ekonomi siswa sarana dan prasarana kompetensi guru peluang tantangan serta target dan sasaran. Perencanaan dilakukan setiap awal tahun ajaran baru untuk merencanakan program yang akan dijalankan selama satu tahun ke depan. Strategi pengorganisasian yang dilakukan yaitu membentuk struktur organisasi membentuk tim akademik membagi tugas dan tanggung jawab tiap anggota serta kepala sekolah yang menerapkan kepemimpinan partisipatif. Strategi pelaksanaan program unggulannya yaitu memupuk semangat motivasi kerja sama tim komunikasi yang efektif serta sinergi antar anggota supaya program berjalan dengan maksimal. Kepala sekolah menerapkan penilaian integritas anggota untuk menjaga kualitas kinerja para anggota. Strategi pengawasan program unggulan yang dilakukan yaitu menjalankan supervisi internal mengawasi dan melakukan penilaian kegiatan mengadakan rapat evaluasi menetapkan target dan capaian serta menetapkan indikator keberhasilan. Faktor penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan program unggulan di MA Negeri 1 Ngawi yaitu kurangnya sumber dana sarana dan prasarana yang masih kurang pandemi covid-19 serta banyaknya kegiatan dan beban tugas guru sebagai pelaksana kegiatan. Solusinya yaitu mengajukan permohonan dana mengatur jadwal penggunaan sarana dan prasarana memanfaatkan sumber belajar digital mengatur jadwal pertemuan pembelajaran tatap muka terbatas serta kepala sekolah memotivasi guru terkait manajemen waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 08:02
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265708

Actions (login required)

View Item View Item