Strategi kepemimpinan kepala sekolah melalui fungsi manajemen dan peran dalam mewujudkan program unggulan untuk mencetak generasi imtaq dan iptek (studi kasus di SD Global Garuda Nusantara Islamic Centre Semplak, Bogor). / Mufidah Larasati - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi kepemimpinan kepala sekolah melalui fungsi manajemen dan peran dalam mewujudkan program unggulan untuk mencetak generasi imtaq dan iptek (studi kasus di SD Global Garuda Nusantara Islamic Centre Semplak, Bogor). / Mufidah Larasati

Larasati, Mufidah (2022) Strategi kepemimpinan kepala sekolah melalui fungsi manajemen dan peran dalam mewujudkan program unggulan untuk mencetak generasi imtaq dan iptek (studi kasus di SD Global Garuda Nusantara Islamic Centre Semplak, Bogor). / Mufidah Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan suatu komponen penting dalam menciptakan manusia unggul berkarakter dan berprestasi. Pendidikan membangun sebuah generasi bangsa yang maju dan gemilang. Dalam meningkatkan mutu pendidikan strategi kepemimpinan kepala sekolah sangat diperlukan untuk mengoptimalkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) maupun program-program yang ada di sekolah. Kebijakan KBM dilaksanakan menyesuaikan kebutuhan serta kondisi suatu negara seperti dukungan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) pemerintah mengamanatkan bahwa pendidikan dilaksanakan secara jarak jauh dan belajar dari rumah atau yang dikenal Work From Home (WFH). Sehingga hal tersebut membuat kepala sekolah lebih sigap dalam menghadapi segala tantangan dalam penyelenggaraan pendidikan baik secara internal maupun eksternal. Fokus penelitian ini terbagi menjadi tiga fokus utama yaitu (1) strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengoptimalkan program unggulan sekolah guna mewujudkan sekolah islam yang unggul (2) perwujudan program unggulan di SD Global Garuda Nusantara dalam mencetak generasi berprestasi Iman dan Taqwa (IMTAQ) dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan (3) hasil IMTAQ dan IPTEK dari perwujudan program unggulan di SD Global Garuda Nusantara. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu (1) mengetahui strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengoptimalkan program unggulan sekolah guna mewujudkan sekolah islam yang unggul (2) mendeskripsikan implementasi program unggulan di SD Global Garuda Nusantara dalam mencetak generasi berprestasi IMTAQ dan IPTEK dan (3) mengetahui hasil IMTAQ dan IPTEK peserta didik dari perwujudan program unggulan di SD Global Garuda Nusantara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu mengacu pada studi kasus. Lokasi penelitian terdapat di SD Global Garuda Nusantara yang beralamatkan Jl. Raya Semplak Salabenda RT 005/007 Parakan Jaya Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Jawa Barat 16310. Informan penelitian adalah kepala sekolah tenaga Information and Communication Technology (ICT) sekolah wali kelas guru khusus setiap program unggulan peserta didik dan orang tua peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara mendalam observasi serta dokumentasi. Selanjutnya menganalisis data dengan cara pengumpulan data memilah data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan bahan referensi lampiran dokumen peningkatan ketekunan dalam pengamatan triangulasi dan berdiskusi teman sejawat untuk memaksimalkan temuan di lapangan. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan pada tiga rumusan yaitu (1) strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengoptimalkan program unggulan menunjukkan bahwa adanya pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah berlandaskan strategi pemimpin baik dalam mengelola manajemen maupun peran. Melalui fungsi manajemen yaitu planning atau perencanaan organizing atau pengorganisasian actuating atau pelaksanaan dan controlling atau pengawasan. Peran kepala sekolah mendukung dalam mengoptimalkan program unggulan sekolah berupa peran educator manager supervisor leader inovator dan motivator (2) perwujudan program unggulan di SD Global Garuda Nusantara yang diselenggarakan secara keseluruhan bersifat sistematis dan kontinyu. Program unggulan yang telah diwujudkan ialah Tahfizh Tahsin Arabic Science Math English Character Building Metode Jarimatika dan Gesture Qur rsquo an dan Ekstrakurikuler. Hasil dari perwujudan program unggulan tersebut bertujuan untuk menciptakan atau memanifestasikan dalam bentuk prestasi IMTAQ dan IPTEK dan (3) hasil IMTAQ dan IPTEK dari perwujudan program unggulan menghasilkan peserta didik yang bersikap patuh terhadap agama memiliki keyakinan serta takut kepada Tuhan Yang Maha Esa memberikan rasa untuk terus berbuat kebaikan dengan dilakukannya pembiasaan 5S yaitu senyum sapa salam sopan dan santun serta beradab kepada Allah Swt orangtua guru teman bahkan orang lain. Kemudian mendukung teknologi untuk tujuan efektif dan efesien penyelenggaraan pendidikan. Selain teknologi program unggulan tentunya memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik berupa materi science matematika wawasan kebangsaan hingga menguasai 4 bahasa dasar yaitu bahasa inggris bahasa indonesia bahasa arab dan bahasa daerah atau basa sunda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265702

Actions (login required)

View Item View Item