Hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru Sekolah Dasar Islam Se-Kota Malang di masa pandemi covid-19 / Tanti Minawati Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru Sekolah Dasar Islam Se-Kota Malang di masa pandemi covid-19 / Tanti Minawati Pratiwi

Pratiwi, Tanti Minawati (2022) Hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru Sekolah Dasar Islam Se-Kota Malang di masa pandemi covid-19 / Tanti Minawati Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah merupakan sebuah kompetensi dari kepala sekolah dalam memerintah mempengaruhi dan mengatur segala proses yang menjadi bagian dari proses pendidikan yang ada dalam lembaga pendidikan mikro. Pendapat tersebut senada dengan pendapat (Wahjosumidjo 2003) bahwa kepala sekolah merupakan tenaga fungsional oleh guru dimana diberikan tugas lebih untuk memimpin suatu lembaga pendidikan mikro. Penelitian ini dilakukan di SDI se-Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis penelitian deskriptif korelasional dan analisis regresi. Penelitian ini menggunakan penelitian korelasi dimana pengumpulan datanya digunakan untuk dapat menentukan ada atau tidaknya hubungan antar variabel (Mahmud 2011). Penelitian ini mempunyai rumusan masalah dan hasil yaitu (1) tingkat kepemimpinan kepala sekolah di SDI se-Kota Malang berada pada rentang nilai 92-101 tergolong dalam kategori rendah (2) tingkat motivasi kerja guru di SDI se-Kota Malang berada pada rentang nilai 48-54 tergolong dalam kategori rendah dan (3) tingkat motivasi kerja guru di SDI se-Kota Malang berada pada rentang nilai 105-115 tergolong dalam kategori sedang dan (4) hasil pengujian menunjukkan koefisien korelasi (R) positif sebesar 0 979. Hal ini memberikan pemahaman bahwa antara variabel kepemimpinan kepala sekolah (X1) motivasi kerja guru (X2) dan variabel kinerja guru (Y) memiliki hubungan searah atau H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini yaitu kepemimpinan kepala sekolah di masa pandemi Covid-19 lebih dominan menggunakan gaya kepemimpinan demokratis. Tingkat motivasi kerja guru SDI se-Kota Malang di masa pandemi Covid-19 diperoleh hasil dengan presentase sebesar 42% termasuk dalam kategori rendah. Tingkat kinerja guru SDI se-Kota Malang di masa pandemi Covid-19 diperoleh hasil dengan presentase sebesar 37% termasuk dalam kategori sedang. Adanya hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru pada guru SDI se-Kota Malang. Adanya hubungan positif antara motivasi kerja guru dengan kinerja guru pada guru SDI se-Kota Malang. Adanya hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru pada guru SDI se-Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265696

Actions (login required)

View Item View Item