Pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di Sekolah Dasar Islam se-Kota Malang / Eva Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di Sekolah Dasar Islam se-Kota Malang / Eva Anggraini

Anggraini, Eva (2022) Pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di Sekolah Dasar Islam se-Kota Malang / Eva Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Supervisi pendidikan merupakan suatu proses layanan profesional pendidikan melalui pembinaan kepala sekolah kepada guru dan personil lainnya untuk memperbaiki dan meningkatkan efektivitas kinerja mereka sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan peserta didik. Kegiatan supervisi bermanfaat untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran kearah yang lebih baik.Alasannya kinerja guru dalam pemebelajaran di kelas dapat ditingkatkan secara signifikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat supervisi akademik kepala SDI se-Kota Malang pada masa pandemi Covid-19 (2) mengetahui tingkat kinerja guru dalam pembelajaran di SDI se-Kota Malang pada masa pandemi Covid-19 (3) mengetahui adakah pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam pembelajaran di SDI se-Kota Malang pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan regresi. Populasi penelitian terdiri dari 200 guru SDI se-Kota. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling yakni jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan pengukuran skala likert dengan 4 alternatif jawaban. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif analisis faktor dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan supervisi akademik kurang memadai (2) Kinerja mengajar guru dalam pembelajaran dalam penelitian ini kurang memadai (3) Terdapat pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja mengajar guru dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di SDI se-Kota Malang. Beberapa saran dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian yaitu bagi (1) Kepala Sekolah disarankan (a) memantau pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas secara berkala sehigga dapat mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran (b) memberikan bimbingan dorongan serta membantu guru menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran sebagai tindak lanjut permasalahan pembelajaran yang dilaksanakan guru di kelas (c) menjalankan supervisi akademik sesuai prinsip supervisi dan (d) membimbing guru untuk memperbaiki hal-hal yang dianggap salah dan kurang dalam pembelajaran yang dilakukan guru (2) Guru (a) perlu memahami manfaat pelaksanaan supervisi akademik sehingga saat kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik maka guru dapat mengetahui kelemahan atau kekurangannya dalam pembelajaran serta mendapat bimbingan yang tepat dan jelas dari kepala sekolah untuk dapat melaksanakan pembelajaran yang lebih baik lagi (b) terjalinnya kerja sama yang baik antara guru dan kepala sekolah untuk mewujudkan rencana-rencana yang telah ditetapkan bersama serta menilai bersama hasil-hasil yang dicapai (3) Siswa hendaknya meningkatkan prestasi belajarnya sehingga upaya peningkatan kinerja guru menunjukkan hasil yang nyata. Peningkatan kinerja guru tanpa disertai usaha siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya akan memunculkan hambatan lain dalam upaya memperbaiki kualitas pendidikan (4) Peneliti lain agar dapat menyempurnakan dan memperbaiki penelitian ini maka diharapkan penelitian selanjutnya dapat menjadikan tambahan referensi dan dapat menggunakan variabel yang terdapat dalam penelitian ini dengan memperbaiki serta menyempurnakan hal-hal yang terkait di dalamnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265695

Actions (login required)

View Item View Item