Manajemen Laboratorium Sekolah dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada masa pandemi covid-19 (studi kasus di SMK Taruna Jaya Prawira Tuban) / Nena Fauziah Indra Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen Laboratorium Sekolah dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada masa pandemi covid-19 (studi kasus di SMK Taruna Jaya Prawira Tuban) / Nena Fauziah Indra Sari

Sari, Nena Fauziah Indra (2022) Manajemen Laboratorium Sekolah dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada masa pandemi covid-19 (studi kasus di SMK Taruna Jaya Prawira Tuban) / Nena Fauziah Indra Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sari N.F.I. 2022. Manajemen Laboratorium Sekolah dalam Meningkatkan Keterampilan Peserta didik Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMK Taruna Jaya Prawira Tuban). Skripsi Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Imron Arifin M.Pd. (II) Dr. Mustiningsih M.Pd. Kata Kunci manajemen laboratorium sekolah keterampilan peserta didik Pandemi Covid-19 Lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan harus dapat memberikan pelayanan yang maksimal untuk para peserta didiknya dalam memberikan bekal keterampilan. Salah satu hal terpenting untuk sekolah kejuruan ialah pengelolaan dalam bangunan sekolah bengkel dan laboratorium proses pembelajaran yang mempergunakan alat dan mesin (Hargiyarto 2011). Oleh karena itu proses manajemen laboratorium sekolah bagi penyelenggara pendidikan kejuruan haruslah baik terutama pada masa Pandemi Covid-19 ini. Hal tersebut dikarenakan laboratorium dibutuhkan untuk menjadi sarana dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik di dalam proses pembelajaran (Emda 2017). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai (1) perencanaan laboratorium sekolah dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada masa Pandemi Covid-19 di SMK Taruna Jaya Prawira Tuban (2) pengorganisasian laboratorium sekolah dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada masa Pandemi Covid-19 di SMK Taruna Jaya Prawira Tuban (3) pelaksanaan laboratorium sekolah dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada masa Pandemi Covid-19 di SMK Taruna Jaya Prawira Tuban (4) pengawasan laboratorium sekolah dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada masa Pandemi Covid-19 di SMK Taruna Jaya Prawira Tuban dan (5) faktor pendukung dan penghambat manajemen laboratorium sekolah dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada masa Pandemi Covid-19 di SMK Taruna Prawira Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus tunggal. Kehadiran peneliti di lokasi penelitian sebagai instrumen kunci untuk pengumpulan data sehingga peneliti melakukan penelitian secara langsung di SMK Taruna Jaya Prawira Tuban. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data menempuh prosedur (1) pengumpulan data (2) kondensasi data (3) penyajian data dan (4) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara (1) triangulasi sumber (2) triangulasi teknik (3) triangulasi waktu dan (4) menggunakan bahan referensi. Simpulan penelitian ini (1) perencanaan laboratorium sekolah dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada masa Pandemi Covid-19 di SMK Taruna Jaya Prawira Tuban ini terutama pada laboratorium mesin dilakukan melalui rapat secara daring di awal tahun ajaran sebelum dimulainya KBM. Pada proses ini melakukan (a) penyusunan program kerja (b) kebijakan pelaksanaan kegiatan pratik (c) pengadaan mesin alat dan bahan laboratorium serta proyeksi anggarannya dan (d) persiapan yang dilakukan sebelum digunakan (2) pengorganisasian laboratorium sekolah dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada masa Pandemi Covid-19 di SMK Taruna Jaya Prawira Tuban ini terutama pada laboratorium mesin dilakukan di awal tahun ajaran sebelum dimulainya KBM. Pada proses ini melakukan (a) pembagian peran atau jabatan dan (b) penyusunan wewenang dan tanggung jawab setiap peran (3) pelaksanaan laboratorium sekolah dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada masa Pandemi Covid-19 di SMK Taruna Jaya Prawira Tuban ini terutama pada laboratorium mesin. Pada proses ini melakukan (a) praktik dilakukan dengan 50% peserta didik (b) menerapkan sistem rolling (c) pengurangan durasi praktik dan (d) menerapkan protokol kesehatan (4) pengawasan laboratorium sekolah dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada masa Pandemi Covid-19 di SMK Taruna Jaya Prawira Tuban ini terutama pada laboratorium mesin. Pada proses ini melakukan (a) pengawasan kegiatan praktik dan (b) pengecekan perawatan serta perbaikan alat dan mesin laboratorium termasuk penyemprotan disentifikkan sebulan sekali dan (5) faktor pendukung dan penghambat manajemen laboratorium sekolah dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada masa Pandemi Covid-19 di SMK Taruna Jaya Prawira Tuban ini terutama pada laboratorium mesin. Faktor pendukungnya (a) peserta didik mudah berkonsentrasi (b) peserta didik leluasa dalam mengoperasikan mesin (c) pengawasan praktik berjalan efektif. Faktor penghambatnya (a) praktik memiliki keterbatasan waktu dan (b) masih terdapat peserta didik yang kurang aktif. Saran dalam penelitian ini diberikan kepada (1) Kepala SMK Taruna Jaya Prawira Tuban hasil penelitian ini agar dijadikan pertimbangan untuk melakukan perbaikan terkait kekurangan manajemen laboratorium mesin (2) Guru Permesinan SMK Taruna Jaya Prawira Tuban hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan pengajaran praktik secara maksimal (3) Ketua Yayasan Pendidikan Taruna Jaya Prawira Tuban hasil penelitian ini agar dijadikan sumber informasi untuk mengetahui kekurangan proses manajemen laboratorium mesin yang terjadi di sekolah yang dinaungi sehingga dapat memberikan pembinaan manajerial atas kekurangan tersebut (4) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi pada tingkat sekolah kejuruan di Provinsi Jawa Timur (5) Ketua Departemen Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini agar dijadikan sebagai salah satu kajian ilmu mengenai manajemen laboratorium sekolah dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada masa Pandemi Covid-19 (6) Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan hasil penelitian ini perlu ditambah sebagai salah satu bahan kepustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan maupun Universitas Negeri Malang dan (7) peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi penelitian dan pengembangan berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265694

Actions (login required)

View Item View Item