Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi orang tua peserta didik selama pembelajaran daring (studi kasus di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Kediri) / Clarisa Salma Witcahyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi orang tua peserta didik selama pembelajaran daring (studi kasus di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Kediri) / Clarisa Salma Witcahyanto

Witcahyanto, Clarisa Salma (2022) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi orang tua peserta didik selama pembelajaran daring (studi kasus di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Kediri) / Clarisa Salma Witcahyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini mengungkap strategi kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi orang tua selama pembelajaran daring. Kepala sekolah merupakan pemimpin suatu lembaga pendidikan yang bertanggung jawab untuk mengatur situasi dalam sekolah mengendalikan kegiatan dalam sekolah dan menjadi juru bicara mewakili sekolah. Orang tua merupakan wali dari peserta didik yang siap berperan dan memikul tanggung jawab untuk memenuhi beberapa kebutuhan peserta didik salah satunya adalah memberikan pendidikan kepada anak dan sekolah menjadi sarana penyedia jasa pendidikan. Pada situasi pandemi ini segalanya menjadi serba digital dan daring termasuk bidang pendidikan. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh menggunakan jaringan internet. Selama pembelajaran daring diperlukan partisipasi dari orang tua untuk membantu sekolah dalam menggantikan peran guru ketika mengajar peserta didik di rumah agar tercapainya program sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara kepala sekolah dalam menyusun perencanaan mengimplementasikan mengevaluasi dan menyajikan kendala dan solusi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi orang tua peserta didik selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Peneliti mendeskripsikan hasil penelitian di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Kediri dengan bentuk kata-kata atau tulisan dari hasil wawancara observasi dan dokumentasi. Informan kunci penelitian ini adalah kepala sekolah sedangkan informan lainnya yang meliputi waka kurikulum ketua tata usaha peserta didik dan orang tua merupakan informan pelengkap yang membantu peneliti melengkapi informasi dan memperkuat hasil penelitian. Tujuan penelitian yang berusaha memahami lebih jauh terkait proses perencanaan implementasi evaluasi serta kendala dan solusi dari strategi yang dibuat kepala sekolah untuk pelaksanaan pembelajaran daring yang melibatkan partisipasi orang tua peserta didik di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dipilih oleh kepala sekolah dapat meningkatkan partisipasi orang tua selama pembelajaran daring. Terhitung sejak Maret 2020 MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Kediri telah melaksanakan pembelajaran daring dan mendapat berbagai reaksi dari orang tua ada yang setuju dan ada yang tidak setuju. Sekolah memberi sosialisasi serta bimbingan kepada orang tua perlahan orang tua mulai memahami dan menerima situasi yang terjadi. Orang tua berpartisipasi dalam menyiapkan kebutuhan pembelajaran daring peserta didik juga mendampingi peserta didik selama pembelajaran daring. Selama pembelajaran daring orang tua berperan sebagai guru orang tua serta teman dalam menghadapi peserta didik. Meski terdapat beberapa kendala di awal pelaksanaannya orang tua mengaku dengan pendampingan dan respon cepat yang diberikan oleh sekolah hal itu tidak menjadi kendala yang serius dan dapat cepat diselesaikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi yang dipilih oleh kepala sekolah adalah usaha-usaha yang diberikan sekolah untuk memudahkan orang tua peserta didik dan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Dengan segala upaya yang dilakukan oleh sekolah orang tua merasa terbantu dan pelaksanaan pembelajaran daring menjadi lebih mudah baik bagi peserta didik maupun orang tua sebagai pendamping dengan berbagai persiapan dan pelaksanaan yang telah terencana. Komunikasi tidak pernah terputus antara sekolah dengan orang tua sekolah selalu siap siaga dalam mendampingi orang tua selama pembelajaran daring. Berdasarkan kesimpulan penelitian peneliti merekomendasikan agar sekolah menggunakan hasil penelitian sebagai bahan pertimbangan dalam evaluasi agar kedepannya pelaksanaan pembelajaran dapat lebih baik lagi dan hasil penelitian dapat dijadikan acuan bagi institusi kedepannya. dapat menghadapi era serba digital dalam dunia pendidikan. Bagi orang tua siswa sebaiknya menjaga hubungan baik dan melakukan komunikasi yang intens dengan pihak sekolah mengenai perkembangan siswa ke sekolah. Bagi peneliti lain peneliti menyarankan agar penelitian ini tetap dilanjutkan meski tidak dalam masa pandemi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265690

Actions (login required)

View Item View Item