Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam upaya peningkatan mutu sekolah pada masa pandemi covid 19 di SMKN 1 Trenggalek / Erika Yuana Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam upaya peningkatan mutu sekolah pada masa pandemi covid 19 di SMKN 1 Trenggalek / Erika Yuana Putri

Putri, Erika Yuana (2022) Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam upaya peningkatan mutu sekolah pada masa pandemi covid 19 di SMKN 1 Trenggalek / Erika Yuana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan mutu pada suatu sekolah sangatlah penting dan harus diperhatikan. Peningkatan mutu sekolah dapat diketahui melalui input proses dan juga output yang dihasilkan. Meskipun masa pandemi Covid-19 masih berlangsung pembelajaran yang ada di sekolah diharapkan dapat terus berjalan dengan lancar sehingga dapat terus meningkatkan mutu sekolah. Dalam hal ini dukungan dan upaya dari kepemimpinan pembelajaran sangat diperlukan. Kepemimpinan pembelajaran adalah kepemimpinan yang berfokus pada pembelajaran peserta didik dan juga peningkatan mutu pembelajaran peserta didik dengan mengoptimalkan kinerja dari tenaga pendidik. Sebagai seorang pemimpin di sebuah organisasi atau lembaga kepala sekolah juga harus mampu menjalankan tugasnya sebagai pemimpin pembelajaran dengan maksimal. Kepala sekolah juga bertanggung jawab terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan di suatu sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam upaya peningkatan mutu sekolah pada masa pandemi Covid-19 di SMKN 1 Trenggalek yang meliputi (1) peningkatan mutu sekolah pada masa pandemi Covid-19 (2) dukungan kepemimpinan pembelajaran bagi peningkatan mutu sekolah pada masa pandemi Covid-19 (3) upaya kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam bentuk kerja sama untuk peningkatan mutu sekolah pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif untuk memperoleh informasi dalam bentuk kata-kata dan gambar terkait penggambaran kondisi lapangan yang sesuai fakta di SMKN 1 Trenggalek. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan serangkaian proses reduksi data penyajian data verifikasi dan kesimpulan. Setelahnya untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas dengan keikutsertaan yang lama ketekunan penelitian triangulasi pengecekan anggota dan kecukupan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peningkatan mutu sekolah pada masa pandemi Covid-19 dilihat melalui input proses dan output. Input peningkatan mutu meliputi standar mutu ISO 9001 2015 menggunakan kurikulum operasional satuan pendidikan. Sumber Daya Manusia yang berkompeten memiliki sarana dan prasarana yang memadai dan terakhir selalu berfokus pada peserta didik dengan selalu memberikan pelayanan prima kepada peserta didiknya. Selanjutnya untuk proses peningkatan mutu meliputi penggunaan aplikasi edmodo zoom dan whatsapp untuk pelaksanaan pembelajaran secara daring terdapat juga aplikasi master web untuk presensi siswa dan guru secara daring. Selama adanya pandemi Covid-19 SMKN 1 Trenggalek melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas dan juga melakukan pembelajaran dengan blended learning. SMKN 1 Trenggalek juga melaksanakan kreativitas pembelajaran dengan gerakan sekolah menyenangkan. Selain itu SMKN 1 Trenggalek juga tetap mengoptimalkan teaching factory di tengah pandemi Covid-19. Selanjutnya untuk output peningkatan mutu sekolah pada masa pandemi meliputi peningkatan prestasi akademik dan non akademik siswa menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMKPK) luaran siswa yang banyak terserap langsung ke industri peningkatan nilai Ujian Satuan Pendidikan dan menjadi satu-satunya sekolah di Kabupaten Trenggalek yang siap menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) (2) dukungan kepemimpinan pembelajaran bagi peningkatan mutu sekolah pada masa pandemi Covid-19 di SMKN 1 Trenggalek yakni dengan melakukan pemantauan atau monitoring melalui aplikasi master web. Dukungan berikutnya yaitu melakukan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali kepala sekolah juga meningkatkan kreativitas guru melalui lomba internal sekolah pembuatan video media pembelajaran. Berikutnya kepemimpinan pembelajaran melakukan variasi peningkatan kompetensi untuk para guru melalui pelatihan dan juga diklat memberikan motivasi kepada para guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan memberikan penghargaan atau reward dan yang terakhir meningkatkan komunikasi melalui rapat (3) upaya kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam bentuk kerja sama untuk peningkatan mutu sekolah pada masa pandemi Covid-19 yakni meliputi bekerja sama dengan dunia usaha dan industri untuk menciptakan kelas industri dan juga mendatangkan guru tamu dari industri. Kepemimpinan pembelajaran juga melakukan sinkronisasi kurikulum dengan dunia usaha dan industri. Upaya berikutnya yakni menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi guna penyetaraan D1 dan perguruan tinggi pembina. Upaya yang terakhir yakni dengan melibatkan partisipasi aktif dari orang tua dalam mendukung proses pembelajaran selama pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam upaya peningkatan mutu sekolah pada masa pandemi Covid-19 di SMKN 1 Trenggalek terdapat beberapa saran ditujukan kepada (1) Pengawas diharapkan dapat selalu melakukan pembinaan dan juga pemantauan akan kinerja guru dan kepala sekolah sehingga dapat meningkatkan mutu suatu sekolah pada masa pandemi Covid-19 (2) Kepala sekolah diharapkan terus memberikan dukungan kepada para guru dan juga meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak yang mendukung peningkatan mutu sekolah pada masa pandemi Covid-19 (3) Guru diharapkan untuk para guru senantiasa meningkatkan kompetensi sehingga dalam melaksanakan proses pembelajaran dapat berjalan semaksimal mungkin baik dalam pemberian materi dan pelaksanaan praktik siswa dapat berjalan dengan lancar meskipun di tengah masa pandemi Covid-19 (4) Siswa diharapkan untuk selalu dapat menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang ada sehingga nantinya tetap mampu bersaing dan mencetak prestasi dan (5) Peneliti Lain diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk memperluas wawasan dan dapat menjadi bahan referensi ketika mengadakan penelitian dengan tema serupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265688

Actions (login required)

View Item View Item