Peran kepala sekolah perempuan dalam membentuk karakter siswa melalui hidden curriculum di era revolusi industri 4.0 / Safira Romadhona Putri Islamiya - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran kepala sekolah perempuan dalam membentuk karakter siswa melalui hidden curriculum di era revolusi industri 4.0 / Safira Romadhona Putri Islamiya

Islamiya, Safira Romadhona Putri (2022) Peran kepala sekolah perempuan dalam membentuk karakter siswa melalui hidden curriculum di era revolusi industri 4.0 / Safira Romadhona Putri Islamiya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan karakter siswa yang dibentuk selama era revolusi industri 4.0 di SMP Laboratorium UM 2) mendeskripsikan bentuk hidden curriculum di SMP Laboratorium UM selama era revolusi industri 4.0 3) mendeskripsikan peran kepala sekolah perempuan dalam membentuk karakter siswa di era revolusi industri 4.0 melalui hidden curriculum 4) mendeskripsikan kendala yang dialami ketika membentuk karakter siswa di era revolusi industri 4.0 melalui hidden curriculum. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus. Data yang telah dikumpulkan dilakukan dengan kegiatan wawancara observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan deskripsi kualitatif. Dari penelitian ini dihasilkan bahwa karakter siswa SMP Laboratorium UM di era revolusi industri 4.0 yaitu disiplin gemar membaca tanggung jawab memiliki rasa nasionalisme tidak mudah menyerah kerjasama religius percaya diri berani mencoba hal baru dan inovatif. SMP Laboratorium UM memiliki bentuk hidden curriculum yang berupa pembiasaan selain itu bentuk hidden curriculum juga bisa dilakukan di kelas maupun luar kelas. Bentuk hidden curriculum di kelas seperti kegiatan literasi menyanyikan lagu Indonesia Raya ice breaking diskusi kelompok. Ada juga bentuk hidden curriculum yang dilakukan di luar kelas seperti golden week sekolah sahabat keluarga. Peran dari kepala sekolah perempuan sebagai seorang motivator inovator penghubung antara orang tua dengan pihak sekolah penengah dalam setiap permasalahan pengambil keputusan serta teladan bagi siswa maupun guru. Kendala yang dialami biasanya berasal dari faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265685

Actions (login required)

View Item View Item