Manajemen pembelajaran berbasis digital di MIN 1 Kota Malang / Siti Isnaini Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembelajaran berbasis digital di MIN 1 Kota Malang / Siti Isnaini Maghfiroh

Maghfiroh, Siti Isnaini (2022) Manajemen pembelajaran berbasis digital di MIN 1 Kota Malang / Siti Isnaini Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manajemen pembelajaran merupakan hal yang perlu diprioritaskan dalam bidang pendidikan untuk kemajuan berkembangnya pendidikan yang menghasilkan pengetahuan yang diinginkan. Terdapat beberapa sekolahan yang belum memiliki manajemen pembelajaran yang layak dalam mengelola pendidikan. Masalah pendidikan yang perlu mendapatkan perhatian dan penanganan yang lebih baik yang menyangkut pengelolaan dalam mentransfer ilmu pengetahuan. Sehubungan dengan adanya pandemi covid-19 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Malang menerapkan pembelajaran berbasis digital dengan menggunakan zoom dan e-learning yang memanfaatkan teknologi internet yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja oleh siswa dan guru saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran berbasis digital yang ada di madrasah isi pembelajaran berbasis digital yang diterapkan oleh madrasah dan proses pembelajaran berbasis digital yang diterapkan oleh madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian jenis kualitatif studi kasus tunggal. Informan keseluruhan dalam penelitian ini meliputi kepala madrasah wakil kepala madrasah bagian kurikulum wakil kepala madrasah bagian humas guru kelas orang tua dan siswa. Informan kunci dalam penelitian ini adalah wakil kepala madrasah bagian kurikulum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian diuji dengan kecukupan bahan referensi triangulasi pengecekan anggota dan peningkatan ketekunan. Proses analisis data meliputi pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahap penelitian dimulai dari tahap persiapan tahap penyusunan proposal tahap pelaksanaan dan tahap penyusunan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran berbasis digital yang ada di MIN 1 Kota Malang sebagai berikut (1) Pembelajaran berbasis digital yang diterapkan oleh MIN 1 Kota Malang semenjak covid-19 proses pembelajaran full menggunakan e-learning zoom google classroom (2) Isi pembelajaran yang ada di e-learning timeline kelas video conference KI KD KKM RPP bahan ajar data siswa tergabung absensi ICT penilaian akhir semester rekap nilai raport dan kalender dan (3) proses pembelajaran berbasis digital mulai dari perencanaan pembelajaran log in memasukkan KI KD KKM materi pembelajaran bahan ajar mengecek data absensi setelah itu evaluasi menggunakan ICT untuk menganalisis hasil nilai siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265684

Actions (login required)

View Item View Item