Manajemen bursa kerja khusus sebagai upaya penyaluran lulusan ke dunia kerja (studi kasus di SMK Nasional Malang) / Shinta Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen bursa kerja khusus sebagai upaya penyaluran lulusan ke dunia kerja (studi kasus di SMK Nasional Malang) / Shinta Wulandari

Wulandari, Shinta (2022) Manajemen bursa kerja khusus sebagai upaya penyaluran lulusan ke dunia kerja (studi kasus di SMK Nasional Malang) / Shinta Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberadaan BKK sebagai salah satu layanan khusus sekolah yang membantu siswa dalam mendapatkan informasi sekaligus bimbingan karir terkait dunia kerja maupun dunia industri. Manajemen bursa kerja khusus diperlukan guna memberikan pelayanan yang maksimal dan hasil yang optimal untuk mewujudkan tujuan sekolah. Keberadaan BKK di SMK memiliki peran penting sebagai penyalur lulusan ke dunia industri dan usaha oleh karena itu perlu koordinasi dan dukungan bagi semua pihak yang terkait. Sekolah berupaya untuk selalu berinovasi dalam menyusun program kerja BKK guna mendapatkan hasil yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan perencanaan bursa kerja khusus (2) untuk mengetahui pengorganisasian bursa kerja khusus (3) mengetahui pelaksanaan bursa kerja khusus (4) untuk mengetahui evaluasi bursa kerja khusus (5) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat BKK (6) mengetahui strategi sekolah dalam menghadapi hambatan yang dialami BKK SMK Nasional Malang dalam upaya menyalurkan lulusan ke dunia kerja. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif deskripstif jenis studi kasus (case study). Lokasi penelitian ini adalah SMK Nasional Malang yang beralamatkan di Jl. Raya Langsep No.43 Bareng Kecamatan Klojen Kota Malang. Instrumen penelitian ini diantaranya adalah peneliti panduan wawancara alat rekam berupa ponsel dokumen/literatur. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Informan pada penelitian kali ini adalah kepala sekolah waka humas ketua BKK guru BK staf pembantu BKK dan peserta didik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui serangkaian tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penegasan kesimpulan. Kemudian data yang diperoleh dari lapangan dicek keabsahan datanya melalui (1) kredibilitas yaitu berupa triangulasi sumber dan teknik pengecekan anggota meningkatkan ketekunan kecukupan bahan referensi (2) ketergantungan (3) kepastian. Penelitian ini menghasilkan beberapa hal yaitu sebagai berikut (1) perencanaan program kegiatan BKK SMK Nasional Malang berupa koordinasi bersama dan pertimbangan dari kepala sekolah (2) kepengurusan BKK terstruktur dan teroganisir dengan baik (3) pelaksanaan program kerja BKK sesuai dengan perencanaan yang telah disusun diawal ajaran baru (4) evaluasi pelaksanaan kegiatan dilakukan secara rutin dan di akhir tahun ajaran (5) faktor pendukung dalam BKK sekolah adalah dukungan yang penuh dari kepala sekolah dan kekeluargaan antara guru dan pengurus BKK sangat erat sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya motivasi siswa kurangnya dukungan dari keluarga dan sekolah merupakan sekolah swasta (6) strategi sekolah dalam menghadapi hambatan yang ada adalah adalah dengan melakukan koordinasi secara optimal untuk mendapatkan masukan-masukan dari guru dan warga sekolah melakukan sosialisasi kepada orangtua guna memberikan pemahaman terhadap jenjang karir siswa dan peran BKK di sekolah melakukan studi banding ke sekolah yang memiliki BKK lebih unggul sebagai media belajar dan berkembang aktif dalam forum BKK Jawa Timur untuk menambah relasi dan informasi melakukan bimbingan dan pemberian motivasi kepada siswa agar lebih aktif dalam merespon informasi lowongan kerja serta meningkatakan kemampuan siswa. Disiplin kerja dan memberikan yang terbaik untuk siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disarankan kepada warga sekolah untuk saling koordinasi dan mendukung satu sama lain terkait program BKK memberikan partisipasi aktif dalam pelaksanaan BKK berupa ide maupun keikutsertaan secara langsung senantiasa melakukan inovasi dan perbaikan secara berkelanjutan untuk BKK sekolah. Bagi pengurus BKK untuk kedepannya memiliki arsip dan dokumen terkait program BKK maupun hal lain yang berkaitan dengan administrasi sekolah. Bagi keluarga dan masyarakat luas diharapkan memberikan dukungan terhadap pelaksanaan BKK dan memberi masukan-masukan bagi sekolah agar menjadi lebih baik ke depannya. Bagi peneliti lain diharapkan dapat melakukan penelitian yang serupa dengan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265681

Actions (login required)

View Item View Item