Implementasi program boarding school sebagai upaya pembentukan karakter religius peserta didik (studi kasus di SMP S-PEAM (Sekolah Pesantren entrepreneur Al-Maun Muhammadiyah) Kota Pasuruan) / Muh. Yusril Faizin - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi program boarding school sebagai upaya pembentukan karakter religius peserta didik (studi kasus di SMP S-PEAM (Sekolah Pesantren entrepreneur Al-Maun Muhammadiyah) Kota Pasuruan) / Muh. Yusril Faizin

Faizin, Muh. Yusril (2022) Implementasi program boarding school sebagai upaya pembentukan karakter religius peserta didik (studi kasus di SMP S-PEAM (Sekolah Pesantren entrepreneur Al-Maun Muhammadiyah) Kota Pasuruan) / Muh. Yusril Faizin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program boarding school merupakan suatu program dari satuan pendidikan yaitu peserta didik di dalamnya bukan hanya melakukan pembelajaran melainkan juga sekaligus menetap atau bertempat tinggal yang menyatu dengan lembaga tersebut (Susiyani 2017). Pendidikan Karakter Religius sendiri menuntun agar manusia menjadi pribadi yang memiliki nilai yang baik dalam keberagamaan. Pembentukan karakter religius di boarding school juga menitikberatkan pada aspek sosial agar peserta didik nantinya memiliki rasa hormat kepada sesama dan memiliki sikap toleran . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) konsep program boarding school sebagai upaya pembentukan karakter religius peserta didik (2) implementasi program boarding school (3) dampak program boarding school (4) faktor pendukung pelaksanaan program boarding school (5) upaya mengoptimalkan faktor-faktor pendukung (6) faktor penghambat pelaksanaan program boarding school (7) cara mengatasi faktor-faktor penghambat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus di SMP S-PEAM Kota Pasuruan. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. Keabsahan data dicek melalui triangulasi diskusi teman sejawat dan pengecekan anggota. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data reduksi data penyajian data kesimpulan atau verifikasi data. Simpulan penelitian ini meliputi (1) konsep yang diterapkan dengan menggunakan metode mengambil pelajaran atau ibrah dan mengidentifikasi metode latihan dan pembiasaan metode pemberian pujian serta hukuman metode mendidik melalui kemandirian metode keteladanan (2) implementasi dengan cara transformasi secara teori transformasi secara praktik dan transformasi secara budaya (3) dampak yang dihasilkan terdapat dampak positif dan negatif (4) faktor pendukung antara lain kegiatan Al Islam Ke-Muhammadiyahan dan Bahasa Asing (ISMUBA) keinginan menggali ilmu agama peran orang tua jarak rumah yang jauh kegiatan positif dan pertemanan yang mendukung (5) upaya mengoptimalkan dengan memilih pembina dari guru membudidayakan bersosialisasi mengubah kebiasaan yang tidak baik tadabbur alam atau refreshing dan mengunjungi tempat panti asuhan mengutamakan kedisiplinan dan keteladanan pendekatan secara personal pemberian hukuman (6) faktor penghambat antara lain kurangnya keterbiasaan kurang aktifnya komunikasi pergaulan yang kurang baik pembina kurang konsisten dan (7) cara mengatasi yang dilakukan dengan meningkatkan kerja sama dan tanggung jawab rapat evaluasi keteladanan pembiasaan dan pemberian reward and punishment. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini yaitu (1) kepada kepala sekolah agar dapat mengatur jadwal yang lebih efektif dan tidak memberatkan para peserta didik agar peserta didik lebih fokus dalam pembelajaran (2) kepada guru sebaiknya secara intensif membina dan mendampingi peserta didik dalam proses pembelajaran (3) kepada ketua yayasan mempertahankan pola serta corak pendidikan yang diterapkan sehingga ciri khas tersebut dapat lebih menarik kepercayaan masyarakat (4) kepada mahasiswa sebaiknya dijadikan bahan atau acuan referensi (5) kepada ketua departemen sebaiknya dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi jurusan dalam rangka pengembangan teori dan menambah wawasan serta pengetahuan (6) kepada peneliti lain sebaiknya dapat dijadikan sebagai bahan sumber literatur berdasarkan research yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265679

Actions (login required)

View Item View Item