Kepemimpinan kewirausahaan Kepala Sekolah dalam pengelolaan usaha Sekolah untuk menciptakan jiwa entrepreneurship peserta didik (studi kasus di SMKN 5 Malang). / Afra Irrene Fredyski - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan kewirausahaan Kepala Sekolah dalam pengelolaan usaha Sekolah untuk menciptakan jiwa entrepreneurship peserta didik (studi kasus di SMKN 5 Malang). / Afra Irrene Fredyski

Fredyski, Afra Irrene (2022) Kepemimpinan kewirausahaan Kepala Sekolah dalam pengelolaan usaha Sekolah untuk menciptakan jiwa entrepreneurship peserta didik (studi kasus di SMKN 5 Malang). / Afra Irrene Fredyski. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah yang diterapkan dengan maksimal akan berpengaruh positif terhadap semua komponen sekolah termasuk kepada peserta didik. Dengan kepemimpinan kewirausahaan ini kepala sekolah dapat menciptakan jiwa kewirausahaan peserta didik. Jiwa kewirausahaan peserta didik yang sudah terbentuk akan menumbuhkan karakter unggul seperti disiplin bertanggung jawab tidak mudah menyerah kreatif dan sebagainya. Untuk mewujudkan kepemimpinan kewirausahaan yang baik sehingga terciptanya jiwa kewirausahaan peserta didik kepala sekolah memberikan berbagai fasilitas yang lengkap dan memadai guna menunjang proses pembelajaran peserta didik. Tujuan penelitian sebagai berikut (1) untuk mendeskripsikan kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah guna menciptakan jiwa entrepreneurship peserta didik (2) untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan dalam menerapkan kepemimpinan kewirausahaan untuk menciptakan jiwa entrepreneurship peserta didik (3) untuk mendeskripsikan ciri-ciri jiwa entrepreneurship peserta didik yang terbentuk dengan menerapkan kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah (4) untuk mendeskripsikan faktor pendorong dan faktor penghambat dari kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses pengumpulan data penyajian data reduksi data dan menarik kesimpulan. Dalam pengecekan data keabsahan peneliti menggunakan sebagai berikut (1) uji kredibilitas yang meliputi proses triangulasi kecukupan bahan referensi meningkatkan ketekunan (2) uji keteralihan dan (3) uji dependabilitas. Temuan penelitian ini antara lain kepala SMKN 5 Malang memiliki peran yang sangat kuat sebagai (1) motivator andal baik untuk peserta didik maupun guru (2) seorang organisator yang efektif di sekolah (3) policy maker yang support terhadap usaha atau hasil karya dari peserta didik. Sikap kepala SMKN 5 Malang yaitu (1) kepala sekolah yang selalu memberikan kesempatan untuk guru untuk selalu meningkatkan kompetensi diri (2) kepala sekolah yang mampu berpikir secara visioner (3) kepala sekolah yang bertanggung jawab jujur disiplin optimis dan penuh keyakinan dalam memimpin SMKN 5 Malang (4) seorang fasilitator untuk peserta didik dan guru di sekolah (5) kepala sekolah yang cerdas dalam mencari peluang dan memanfaatkannya. Strategi kepala sekolah dalam menerapkan kepemimpinan kewirausahaan yaitu (1) melakukan kerja sama dan melakukan koordinasi terhadap guru (2) membuat perencanaan program sekolah di bidang akademik maupun non akademik dengan baik (3) memiliki pemahaman mendalam tentang kondisi sekolah (4) melakukan monitoring perkembangan peserta didik di setiap jurusan (5) menjadi seorang fasilitator untuk peserta didik dan guru di sekolah. Upaya guru dalam membantu kepala sekolah mengoptimalkan kepemimpinan kewirausahaan yaitu mendukung kepala sekolah dengan membimbing peserta didik menciptakan suatu produk yang layak jual dan mendukung program sekolah. Jiwa entrepreneurship peserta didik yang terbentuk yaitu (1) mandiri (2) bertanggung jawab (3) tidak mudah putus asa (4) jujur (5) disiplin (6) beretika (7) mampu berkomunikasi dengan masyarakat (8) kreatif (9) memiliki mental yang kuat (10) kompetitif. Faktor pendukung (1) fasilitas yang lengkap dan memadai (2) support dari guru (3) bentuk kepedulian kepala SMKN 5 Malang (4) kepala sekolah memiliki basic seorang wirausahawan (5) semangat yang tinggi dari peserta didik (6) beberapa peserta didik sudah memiliki bekal keterampilan apabila diarahkan ke pembelajaran kewirausahaan. Faktor penghambat (1) tidak semua peserta didik memahami dan mau belajar mengenai kewirausahaan (2) penerapan kurikulum pada kurikulum nasional pendidikan akademik harus diberikan secara maksimal namun disisi lain pendidikan mengenai kewirausahaan harus tetap berjalan (3) tidak semua guru dapat bekerja sama dengan baik (4) pandemi covid-19 yang menyebabkan kegiatan di sekolah menjadi terhambat (5) banyaknya kegiatan ataupun ekstrakurikuler mengakibatkan peserta didik sulit untuk membagi waktu sehingga sebagian peserta didik tidak dapat berpartisipasi dalam mengikuti program sekolah atau kegiatan sekolah. Solusi dari permasalahan (1) kepala sekolah menempatkan peserta didik sesuai dengan keinginannya (2) dalam menerapkan kurikulum bersifat fleksibel atau menyesuaikan dengan keadaan sekolah (3) kepala sekolah meminta untuk guru yang lain untuk dapat merangkul guru yang sulit untuk diajak bekerja sama (4) untuk menghadapi pandemi kepala sekolah memberikan amanat untuk guru mengerjakan apa yang bisa dikerjakan terlebih dahulu (5) kepala sekolah selalu memberikan motivasi dan fasilitas yang lengkap dan memadai. Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada (1) Kepala SMKN 5 Malang diharapkan dapat tetap menjaga keberhasilan program-program sekolah guna menciptakan jiwa kewirausahaan peserta didik melalui kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah dan berusaha memperbaiki segala kesalahan yang terjadi. Kepala sekolah juga senantiasa melakukan pendekatan lebih mendalam dengan warga sekolah melalui menjaga komunikasi dengan warga sekolah khususnya untuk peserta didik dan guru sehingga dapat meningkatkan kesadaran seluruh warga sekolah untuk dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan di masing-masing individu agar tujuan sekolah dapat tercapai. Sehingga dapat memenuhi tuntutan kebutuhan perkembangan zaman di dunia pendidikan (2) Guru SMKN 5 Malang diharapkan dapat senantiasa membantu kepala sekolah dalam menciptakan jiwa kewirausahaan peserta didik dengan membimbing peserta didik dengan baik. Serta senantiasa menjadi fasilitator untuk peserta didik untuk dapat meningkatkan kreatifitasnya (3) Peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan kegiatan penelitian lebih lanjut sebagai bentuk penyempurnaan dari keterbatasan peneliti terkait kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah untuk menciptakan jiwa entrepreneurship peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265678

Actions (login required)

View Item View Item