Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga administrasi Sekolah (tas) di SMAN 1 Kutorejo Mojokerto / Evrilia Dian Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga administrasi Sekolah (tas) di SMAN 1 Kutorejo Mojokerto / Evrilia Dian Susanti

Susanti, Evrilia Dian (2022) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga administrasi Sekolah (tas) di SMAN 1 Kutorejo Mojokerto / Evrilia Dian Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) ialah salah satu komponen sekolah yang memiliki kedudukan strategis dalam peningkatan pembelajaran yang merupakan kegiatan utama di sekolah. Melalui tugas utamanya untuk mengelola dan melaksanakan kegiatan keadministrasian peningkatan kinerja tenaga administrasi penting untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya sehingga dapat membantu terlaksananya peningkatan mutu sekolah yang diinginkan. Kepala sekolah melalui kepemimpinannya melaksanakan peningkatan kinerja TAS sebagai salah satu wujud dari usaha peningkatan mutu. Fokus penelitian ini adalah (1) kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja TAS di SMAN 1 Kutorejo Mojokerto (2) manfaat kepemimpinan kepala sekolah bagi kinerja TAS di SMAN 1 Kutorejo Mojokerto (3) kendala dan solusi kepala sekolah dalam usaha meningkatkan kinerja TAS di SMAN 1 Kutorejo Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja TAS (2) manfaat kepemimpinan kepala sekolah bagi kinerja TAS (3) kendala dan solusi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja TAS. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti terjun langsung ke lokasi penelitian yakni SMAN 1 Kutorejo yang terletak di JL. Lapangan No. 2 Pulo Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto Jawa Timur. Sumber data yang diterapkan adalah sumber data primer yang diperoleh dari kegiatan wawancara narasumber dan sumber data sekunder berupa dokumen maupun arsip terkait. Analisis data melalui tahap kegiatan pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui uji credibility (validitas internal) transferability (validitas eksternal) dependability (reliabilitas) dan confirmability (objektivitas). Hasil penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut. Pertama kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja TAS pelaksanaannya diawali dengan kepala sekolah memposisikan kepala tata usaha sebagai mitra kerja. Kepala sekolah melakukan pembenahan alur komunikasi untuk pengkoordinasian tugas utusan dan himbauan menjadi lebih terstruktur dari atas kebawah. Kepala sekolah selanjutnya melakukan pemetaan job desk TAS. Monitoring yang dilakukan kepala sekolah yaitu melalui kegiatan supervisi formal dan supervisi non formal. Kepala sekolah menerapkan kebijakan pemberian reward berupa tambahan tunjangan bagi TAS yang telah bekerja dengan baik. Kepala sekolah juga melaksanakan kebijakan makan siang setiap hari bagi seluruh komponen sekolah termasuk TAS. Apabila ada reward tentu ada punishment. Bentuk punishment yang diterapkan kepala sekolah yakni secara halus melalui teguran lisan. Kepala sekolah menggunakan pendekatan kekeluargaan dan humanis dengan mengedepankan sikap tidak membeda-bedakan tiap TAS membangun komitmen kerja melalui penekanan kepada TAS untuk tidak loyal pada kepala sekolah melainkan loyal kepada lembaga dan tugas masing-masing. Kebijakan kepala sekolah untuk memberi izin TAS yang tidak masuk akibat kepentingan keluarga juga merupakan salah satu bentuk pendekatan kekeluargaan kepala sekolah. Dalam hal pembenahan demokrasi kepala sekolah senantiasa mendekatkan diri dengan TAS untuk menghilangkan batasan antara kepala sekolah dengan bawahan lebih memahami kekurangan dan kelebihan TAS juga selalu memfasilitasi kebutuhan TAS. Kepala sekolah senantiasa ikut serta dalam segala kegiatan di sekolah turun tangan dalam menyelesaikan setiap permasalahan disiplin dan berwibawa merupakan wujud bahwa kepala sekolah merupakan teladan bagi TAS. Dalam usaha peningkatan kompetensi kepala sekolah menyediakan kegiatan workshop rapat dinas rapat internal dan pertemuan Asosiasi Kepala Tata Usaha Administrasi Sekolah (AKTAS). Kedua manfaat kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja TAS adalah pembenahan tugas dan kewenangan dan menghilangkan budaya kepala sekolah sebagai center dalam setiap kegiatan meningkatkan semangat dan motivasi kerja melalui kegiatan monitoring pemberian reward dan kegiatan makan siang meningkatkan rasa nyaman melalui pendekatan kekeluargaan dan humanis yang diterapkan meningkatkan pengetahuan dan kompetensi tenaga administrasi melalui kegiatan workshop rapat dinas rapat internal dan pertemuan AKTAS. Secara keseluruhan kepemimpinan kepala sekolah bermuara pada terwujudnya pelayanan prima TAS. Ketiga kendala dan solusi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja TAS. Kendala yang dihadapi kepala sekolah antara lain terbentur dengan budaya dan kebiasaan kerja peninggalan kepala sekolah lama adanya TAS yang kurang tanggap terhadap perintah dan himbauan kepala sekolah adanya TAS yang kurang terbuka terhadap masalahnya kurangnya kesadaran TAS akan pentingnya peningkatan layanan dan pengabdian moral dan TAS yang menganggap kegiatan peningkatan kinerja dapat menghambat pengerjaan tugas pokoknya. Solusi terhadap kendala tersebut yakni tidak membeda-bedakan antar TAS mendelegasikan tugas secara rata mengajak TAS untuk berbincang santai memfasilitasi setiap kebutuhan TAS menghimbau untuk mengikuti aturan norma dan tata tertib kepegawaian meningkatkan semangat melalui adanya reward dan mendelegasikan pekerjaan/tugas kepada TAS lain. Berdasarkan kesimpulan penelitian yang telah dilaksanakan di SMAN 1 Kutorejo Mojokerto disarankan kepada (1) kepala sekolah agar membuat patokan khusus terkait tingkatan kinerja tenaga administrasi sehingga tenaga administrasi dapat memahami kekurangannya agar kinerja dapat senantiasa meningkat (2) tenaga administrasi sekolah seyogyanya dapat terus meningkatkan kinerjanya agar dapat memberikan layanan prima (3) ketua Departemen Administrasi Pendidikan untuk dapat menambahkan penelitian ini sebagai referensi dan rujukan sehingga dapat memperkaya pengetahuan baik bagi ketua Departemen Administrasi Pendidikan maupun mahasiswa lain dalam mengerjakan tugas kuliah terkhusus berkaitan dengan kepemimpinan dan strategi kepala sekolah (4) peneliti lain diharapkan dapat mengkaji lebih banyak referensi dan sumber terkait kepemimpinan maupun pengembangan dan pengelolaan sumber daya manusia agar dapat mengembangkan penelitian sehingga lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:29
Last Modified: 13 Jan 2023 07:21
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265676

Actions (login required)

View Item View Item