Pengembangan karakter religus dalam membentuk kepribadian peserta didik (studi kasus di SMP Yayasan Islam Malik Ibrahim gresik) / Sri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan karakter religus dalam membentuk kepribadian peserta didik (studi kasus di SMP Yayasan Islam Malik Ibrahim gresik) / Sri Wahyuni

Wahyuni, Sri (2022) Pengembangan karakter religus dalam membentuk kepribadian peserta didik (studi kasus di SMP Yayasan Islam Malik Ibrahim gresik) / Sri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan aspek utama manusia untuk mewujudkan keterampilan kemampuan dan menumbuhkan insan yang berkualitas. Sekolah sebagai lembaga pendidikan perlu menanamkan karakter anak bangsa yang berkualitas. Salah satu karakter dalam pendidikan karakter adalah nilai religius. Nilai religius merupakan nilai yang berkaitan dengan Tuhan Yang Maha Esa. Pengembangan nilai karakter religius di sekolah dilaksanakan dalam proses pembelajaran dan harus diimplementasikan dengan program-program yang didesain dengan baik. Berdasarkan hal tersebut perlu sistem pengelolaan yang efektif dalam menumbuhkan karakter religius dalam diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai 1) perencanaan pengembangan karakter religius dalam membentuk kepribadian peserta didik di SMP Yayasan Islam Malik Ibrahim (YIMI) Gresik (2) implementasi pengembangan karakter religius dalam membentuk kepribadian peserta didik di SMP YIMI Gresik (3) evaluasi pengembangan karakter religius dalam membentuk kepribadian peserta didik di SMP YIMI Gresik (4) dampak pengembangan karakter religius dalam membentuk kepribadian peserta didik di SMP YIMI Gresik (5) faktor pendukung dan penghambat pengembangan karakter religius dalam membentuk kepribadian peserta didik di SMP YIMI Gresik dan (6) solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan pengembangan karakter religius dalam membentuk kepribadian peserta di SMP YIMI Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus tunggal bertempat di SMP YIMI Gresik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan prosedur (1) pengumpulan data (2) kondensasi data dilakukan dengan penyortiran data yang dibutuhkan (3) penyajian data dengan narasi dan bagan dan (4) verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara (1) triangulasi sumber yang dilakukan dengan wawancara berbagai sumber seperti kepala sekolah wakil kepala (waka) kurikulum guru agama koordinator karakter dan peserta didik (2) triangulasi teknik dengan melakukan wawancara observasi dan dokumentasi (3) pengecekan keanggotan dilakukan dengan informan mengecek transkrip wawancara dan memberikan tanda tangan dan (4) kecukupan referensi yang dilengkapi dengan transkrip wawancara catatan observasi dan dokumen arsip sekolah. Hasil penelitian ini antara lain (1) perencanaan pengembangan karakter religius dalam membentuk kepribadian peserta didik di SMP YIMI Gresik dilakukan sebelum tahun ajaran baru. Perencanaan dilakukan dengan adanya rapat internal sekolah. Adapun hal-hal yang direncanakan sebagai berikut (a) menyusun program kerja sekolah program kerja sekolah memuat keseluruhan program yang akan dilakukan dalam satu tahun (b) membuat kalender akademik (c) menyusun penanggungjawab program (d) merancang buku terpuji online bersama pihak yayasan dan (e) mempersiapkan sarana prasarana yang dibutuhkan (2) implementasi pengembangan karakter religius dalam membentuk kepribadian peserta didik di SMP YIMI Gresik antara lain Sapa Senyum Sopan dan Santun (4S) Tahfidz Al Qur rsquo an sholat dhuha dan hajat sholat berjama rsquo ah Dikrudz Dzakirin Khatmil Al Qur rsquo an dan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) (3) evaluasi pengembangan karakter religius dalam membentuk kepribadian peserta didik di SMP YIMI Gresik dilakukan dengan yakni (a) tes Tahfidz Al Qur rsquo an (b) tes praktik sholat (c) buku terpuji online (d) evaluasi pembelajaran harian dan (e) evaluasi semester (4) dampak pengembangan karakter religius dalam membentuk kepribadian peserta didik di SMP YIMI Gresik mampu memberikan dampak positif kepada peserta didik. Dampak yang ditimbulkan dengan adanya pengembangan karakter religius antara lain (a) peserta didik terbiasa dalam melaksanakan ibadah (b) disiplin dalam menjalankan sholat (c) rajin menghafalkan Al Qur rsquo an (d) peserta didik peduli terhadap sesama (e) peserta didik mampu mengendalikan diri sesuai dengan ajaran agama dan (f) prestasi peserta didik meningkat (5) faktor pendukung dalam pengembangan karakter religius dalam membentuk kepribadian peserta didik di SMP YIMI Gresik antara lain a) antusiasme peserta didik dalam mengikuti kegiatan (b) Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten dan ahli dalam bidangnya (c) sarana prasarana sekolah yang memadai (d) keterlibatan dan dukungan orang tua dalam kegiatan sekolah dan (e) adanya teknologi yang memudahkan dalam pelaporan perilaku peserta didik di rumah. Sedangkan faktor penghambat adanya pengembangan karakter religius peserta didik dalam membentuk kepribadian peserta didik di SMP YIMI Gresik yakni (a) pelaksanaan pengembangan karakter religius peserta didik memiliki keterbatasan akibat pandemi covid-19 (b) masih ditemukan peserta didik yang melanggar peraturan dan (c) orang tua lupa mengisi buku terpuji online dan (6) solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan pengembangan karakter religius dalam membentuk kepribadian peserta didik antara lain (a) membuat kebijakan PTM terbatas seperti memperketat protokol kesehatan dan pembelajaran di sekolah dilakukan dengan 50% jumlah siswa (b) kerja sama dengan pondok pesantren dalam membina peserta didik yang melanggar peraturan dan (c) menjalin komunikasi dengan orang tua secara berkelanjutan. Saran dari penelitian ini diberikan kepada (1) peserta didik berdasarkan hasil penelitian bahwa pelaksanaan pengembangan karakter dengan berbagai kegiatan maka peserta didik dapat mengamalkan nilai-nilai yang telah diterapkan di sekolah dalam kehidupan sehari-hari (2) Guru SMP YIMI Gresik berdasarkan hasil penelitian salah satu faktor pendukung pengembangan karakter religius adalah SDM yang berkompeten maka guru menggoptimalkan dalam memberikan teladan yang baik sehingga peserta didik dapat mencontoh nilai-nilai positif yang diterapkan di sekolah (3) Kepala SMP YIMI Gresik berdasarkan hasil penelitian faktor penghambat bahwa orang tua lupa mengisi buku terpuji online maka kepala sekolah perlu mengadakan pertemuan dan sosialisasi pembinaan karakter dengan orang tua agar perilaku peserta didik di rumah sejalan dengan pembiasaan yang diterapkan di sekolah (4) Ketua yayasan SMP YIMI Gresik berdasarkan hasil penelitian bahwa perancangan buku terpuji online yang dilakukan bersama pihak yayasan maka pihak yayasan dapat menambahkan daftar pengisian buku terpuji online berupa lampiran foto yang dijadikan bukti kegiatan peserta didik di rumah dan dapat digunakan secara berkelanjutan walaupun kondisi pandemi sudah membaik (5) orang tua berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran di sekolah dilakukan dengan 50% jumlah peserta didik maka orang tua perlu mengawasi dan mendampingi peserta didik saat pembelajaran daring di rumah (6) Ketua Departemen Administrasi Pendidikan berdasarkan hasil penelitian pengembangan karakter religius secara keseluruhan dapat dijadikan sebagai salah satu referensi ilmu manajemen pendidikan mengenai pendidikan karakter di sekolah dan (7) peneliti lain berdasarkan hasil penelitian bahwa evaluasi perilaku peserta didik melalui buku terpuji online maka dapat dijadikan referensi untuk melaksanakan penelitian mengenai pengelolaan buku terpuji online secara mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265673

Actions (login required)

View Item View Item