Program pendidikan dan peminat seni tradisional (PPST) sebagai penunjang prestasi non akademik peserta didik di SMPN 24 Malang / Muhammad Rafli Hawari - Repositori Universitas Negeri Malang

Program pendidikan dan peminat seni tradisional (PPST) sebagai penunjang prestasi non akademik peserta didik di SMPN 24 Malang / Muhammad Rafli Hawari

Hawari, Muhammad Rafli (2022) Program pendidikan dan peminat seni tradisional (PPST) sebagai penunjang prestasi non akademik peserta didik di SMPN 24 Malang / Muhammad Rafli Hawari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program PPST adalah program yang bergerak dalam bidang seni yang bermaksud untuk mempelajari dan melestarikan seni tradisional. Tujuan program PPST merupakan pembelajaran non akademik yang membantu siswa dalam mengenal seni kearifan lokal dan siswa juga bisa ikut serta dalam melestarikan kesenian budaya Jawa Timur dengan adanya program yang memadai peserta didik dapat mengekspresikan kekreatifan dalam berkarya dalam program tersebut pendidik dapat membantu dalam menambah wawasan dan melengkapi fasilitas-fasilitas yang diperlukan peserta didik. Faktor-faktor penujang keberhasilan kegiatan program di sekolah dipengaruhi oleh beberapa komponen (1) Sumberdaya manusia yang tersedia (2) Dana sarana dan prasarana (3) Perhatian orang tua. Oleh sebab itu perlu diusahakan komponen-komponen itu saling mengisi untuk menutup kekurangan yang ada di sekolah. Hasil penelitian seni dan tradisi budaya tradisional sudah menjadi pusat perhatian lembaga-lembaga sekolah dengan adanya program yang mendukung program (PPST) dapat mewadahi bakat dan minat dan memberikan wawasan dan pengalaman yang baru bagi peserta didik tidak hanya mengetahui tetapi juga ikut serta melestarikan seni budaya tradisional di ranah pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus karena mendeskripsikan suatu fenomena yang terdapat di SMPN 24 Malang yaitu program pendidikan dan peminat seni tradisional (PPST) sebagai penunjang keberhasilan prestasi non akademik peserta didik di SMPN 24 Malang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik wawancara pengamatan dan dokumentasi pada saat proses pengumpulan data. Sumber data diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara dengan informan atau narasumber dari penelitian ini meliputi informan kunci yaitu Bapak Tri Winarno S. Pd selaku penangung jawab program (PPST) serta informan tambahan penelitan meliputi (1) Bapak Drs. Edy Teguh Purwanta selaku Kepala sekolah (2) Bapak Wahyu Hadi Susilo S. Pd selaku pengurus program PPST (3) Bapak Dennis Suwarno selaku Guru PPST (4) Sofi siswa yang terlibat dalam program PPST di SMPN 24 Malang peneliti berperan sebagai instrumen kunci (key instrumen) karena dapat memberi makna secarah kritis pada realitas yang dikonstruksikan di subjek penelitian. Hasil dari penelitian adalah (1) Program PPST yang menjelaskan tentang tujuan materi dan metode pembelajaran (2) Kegiatan program PPST menjelaskan penyelengaraan mulai dari kegiatan awal kegiatan inti kegiatan penutup (3) Kendala program PPST meliputi Sumber daya manusia dana sarana dan prasarana perhatian orang tua (4) Dampak program PPST yang meliputi dampak yang dirasakan oleh peserta didik di SMPN 24 Malang dampak yang dirasakan pengajar program PPST dampak yang dirasakan oleh walimurid yang peserta didiknya mendukung atas keberlangsungan program PPST. Saran Peneliti bagi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang dari hasil penelitian agar menjadikan program (PPST) pendidikan dan peminat seni tradisional sebagai salah satu rujukan atau fokus dari pelestarian budaya dalam ranah pendidikan yang terdapat di dalam wilayah Kota Malang. Kemudian disarankan bagi kepala sekolah menengah pertama Kota Malang agar melakukan penambahan pelatihan terkait program pelestarian seni tradisional dalam ranah pendidikan. Disarankan bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan agar menambahkan program yang bergerak dalam ranah pendidikan pada referensi mata kuliah peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265671

Actions (login required)

View Item View Item