Penerapan pembelajaran multistrategis berbasis lesson study dalam meningakatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XB SMA Taman Siswa Malang pada materi pencemaran lingkungan / Rosallina Hartanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran multistrategis berbasis lesson study dalam meningakatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XB SMA Taman Siswa Malang pada materi pencemaran lingkungan / Rosallina Hartanti

Hartanti, Rosallina (2014) Penerapan pembelajaran multistrategis berbasis lesson study dalam meningakatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XB SMA Taman Siswa Malang pada materi pencemaran lingkungan / Rosallina Hartanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hartanti Rosallina. 2013. Penerapan Pembelajaran Multistrategi Berbasis Lesson Study dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XB SMA Taman Siswa Malang pada Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Istamar Syamsuri M.Pd. (2) Siti Imroatul Maslikah S.Si M.Si Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Lesson Study motivasi belajar hasil belajar. Guru sebagai pendidik dan pengajar merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan siswa terutama dalam kaitannya dengan kegiatan pembelajaran namun berdasarkan observasi kegiatan pra-prenelitian di kelas XB SMA Taman Siswa Malang diperoleh hasil bahwa motivasi belajar siswa masih rendah yaitu 53 3% dan hasil belajar memiliki ketuntasan klasikal sebesar 50%. Siswa memiliki motivasi yang rendah karena kegiatan siswa lebih didominasi dengan mengerjakan LKS dari MGMP. Padahal kualitas pembelajaran berpengaruh pada motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu dengan pembelajaran berbasis Lesson Study. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran multistrategi berbasis Lesson Study dan dampaknya terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar kelas XB SMA Taman Siswa Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Taman Siswa Malang pada bulan Maret-April 2013 dengan subyek penelitian kelas XB. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi pembelajaran pedoman monitoring keterlaksanaan plan do see lembar observasi motivasi lembar observasi hasil belajar psikomotor angket motivasi ARCS angket hasil belajar afektif dan soal tes pada setiap KD. Hasil penelitian ini yaitu (1) Pelaksanaan penerapan pembelajaran berbasis Lesson Study di kelas XB SMA dapat meningkatkan keprofesionalan guru dan kualitas pembelajaran dari terciptanya interaksi antarsiswa interaksi siswa dengan media pembelajaran dan interaksi siswa dengan guru. (2) Pelaksanaan Lesson Study dapat meningkatkan motivasi belajar dari hasil observasi sebelum Lesson Study 55 53% menjadi 98% setelah Lesson Study. Motivasi dari hasil angket terjadi peningkatan motivasi dari 59 8% menjadi 67 2% setelah pelaksanaan Lesson Study (3) Pelaksanaan Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar kognitif yaitu 52 menjadi 87 dengan ketuntasan sebesar 92 8% dari KKM 75 setelah pelaksanaan Lesson Study. Ketuntasan hasil belajar psikomotor secara klasikal sebesar 92 8% dan hasil belajar afektif sebesar 85 7%. Saran dari peneliti adalah menjadikan pembelajaran berbasis Lesson Study sebagai cara untuk meningkatkan keprofesionalan guru tahap plan sebaiknya dilakukan satu minggu sebelum proses pembelajaran agar pembelajaran bisa berlangsung lebih baik tahap do sebaiknya sesuai dengan alokasi waktu yang telah dirancang agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dan tahap see sebaiknya dilakukan langsung setelah tahap do agar semua observer dapat hadir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26566

Actions (login required)

View Item View Item