Implementasi penilaian autentik dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Negeri 4 Malang / Muhammad Ilham Kham - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penilaian autentik dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Negeri 4 Malang / Muhammad Ilham Kham

Kham, Muhammad Ilham (2022) Implementasi penilaian autentik dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Negeri 4 Malang / Muhammad Ilham Kham. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SMPN 4 Malang merupakan sekolah acuan pemerintah yang melaksanakan Kurikulum 2013 dengan penilaian autentik sebagai alat evaluasi. Tetapi dalam perencanaan dan pelaksanaannya terdapat beberapa pendidik yang melakukannya tanpa mematuhi rambu-rambu penilaian autentik. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya kajian ulang mengenai sejauh apakah penilaian autentik sudah berjalan baik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman perencanaan pelaksanaan kendala sekaligus upaya untuk mengatasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian diseleksi menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan model Miles and Hubberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan data secara keseluruhan pada tiga aspek penilaian bahwa pendidik sudah memahami dengan baik definisi serta arti dari penilaian autentik. Tetapi masih terdapat beberapa guru hanya melakukan seadanya tanpa mematuhi aturan atau rambu-rambu dalam penilaian autentik. Terdapat beberapa kendala pada pelaksanaan penilaian autentik salah satunya adalah banyaknya jumlah siswa sehingga proses pengambilan nilai pada aspek sikap dan ketrampilan dilakukan seadanya serta pendidik tidak bisa melakukan penilaian pada tiga aspek secara bersamaan karena pendidik akan kehabisan waktu apabila menilai lebih dari satu aspek. Upaya mengatasi kendala dilakukan dengan tidak menilai lebih dari satu indikator dan memberikan minimal KD dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265622

Actions (login required)

View Item View Item