Pengembangan game based learning mata pelajaran informatika kelas vii / Melliyanti Dewi Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan game based learning mata pelajaran informatika kelas vii / Melliyanti Dewi Puspitasari

Puspitasari, Melliyanti Dewi Puspitasari (2022) Pengembangan game based learning mata pelajaran informatika kelas vii / Melliyanti Dewi Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan alat evaluasi yang digunakan pada sekolah hanya menggunakan platform google form sehingga alat evaluasi pembelajaran sangat monoton. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan game based learning dengan menggunakan platform Wordwall yang valid dan layak. Agar memudahkan pendidik dalam menciptakan alat evaluasi pembelajaran yang menyenangkan serta peserta didik tidak merasakan tegang saat melaksanakan evaluasi. Produk ini bisa dijadikan salah satu alternative untuk mengatasi masalah alat evaluasi tercetak pada kertas dan keterbatasan waktu dalam proses mengevaluasi. Pengembangan game based learning ini dikembangkan dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari pendefinisian (Define) Perancangan (Design) Pengembangan (Develop) dan Penyebaran (Disseminate). Uji kelayakan produk yang dilakukan oleh para ahli dilakukan pada tanggal 20 sampai dengan 27 juli 2022 dan uji coba kepada siswa memperoleh respons positif dengan persentase hasil uji validasi ahli materi sebesar 90% validasi ahli evaluasi sebesar 88 57% ahli game sebesr 97% dan untuk uji produk sebesar 87 14%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa game based learningyang dikembangkan dapat dinyatakan valid dan layak sebagai alat evaluasi dalam kegiatan pembelajaran informatika pada materi perangkat keras komputer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265621

Actions (login required)

View Item View Item