Kajian kualitas soal tema 8 manusia dan lingkungan Kelas V dalam pembelajaran secara daring / TEDI EKO WAHYUDI - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian kualitas soal tema 8 manusia dan lingkungan Kelas V dalam pembelajaran secara daring / TEDI EKO WAHYUDI

Wahyudi, Tedi Eko (2022) Kajian kualitas soal tema 8 manusia dan lingkungan Kelas V dalam pembelajaran secara daring / TEDI EKO WAHYUDI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebelum adanya pembelajaran secara daring pengaplikasian tes sumatif tersebut dilakukan setiap berakhirnya tema dalam serangkaian pembelajaran tematik. Tes sumatif tersebut berbentuk soal penilaian harian yang disiapkan oleh guru terkait yang disesuai dengan format asesmen atau rubrik penilaian pengetahuan yang disusun berdasarkan surat edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019. Maka dari itu tes sumatif tersebut harus dianalisis guna meningkatkan kualitas butir soal kompetensi guru dan hasil belajar peserta didik agar dapat berperan secara maksimal dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Hal ini dikarenakan penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kualitas butir soal pembelajaran tematik kelas V tema 8 manusia dan lingkungan ditinjau dari segi analisis kuantitatif yang meliputi validitas reliabilitas tingkat kesukaran daya pembeda dan efektivitas pengecoh Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes tertutup yang diisi melalui googleform oleh responden. Selanjutnya jawaban siswa dan kunci jawaban dianalisis menggunakan Program IBM SPSS 26 dan Anates V4 sehingga didapat kualitas butir soal yang meliputi segi validitas reliabilitas tingkat kesukaran daya pembeda efektivitas pengecoh. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan bahwa ditinjau dari segi analisis kuantitatif yang meliputi validitas reliabilitas tingkat kesukaran daya pembeda dan efektivitas pengecoh kualitas butir soal pembelajaran tematik kelas V tema 8 manusia dan lingkungan dapat dinyatakan baik dan dapat diterima. Namun demikian masih terdapat soal yang perlu direvisi atau diperbaiki seperti pada soal pilihan ganda nomor 8 11 18 19 20.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265616

Actions (login required)

View Item View Item